Senin, 18 November 2019

Puting Beliung Rusak Fasilitas 2 Kecamatan di Asahan


#jaka, asahan-

Hujan lokal dengan intensitas sedang sampai tinggi disertai angin puting beliung merusak berbagai fasiltas di 2 Kecamatan Rahuning dan Air Batu Kabupaten Asahan.

Demikian Siaran Pers dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan yang dikirim melalui Whats App ke Wartawan Asahan, Rabu (16/10/2019) sekira pukul 19. 00 WIB di Kisaran.

Wilayah terdampak parah terjadi di Dusun VI  Masundang Desa Batu Anam Kecamatan Rahuning dan Desa Perkebunan Air Batu III/IX Kecamatan Air Batu.

Kendati tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, karena sarana dan prasarana seperti 

3 unit rumah tempat tinggal 1 kantor Balai Desa, 1 tiang Wifi Kantor Desa, aliran listrik PLN terputus di 2 titik lokasi, trafo dan mesin ATM Mandiri mengalami kerusakan yang mengakibatkan terganggunya aktivitas kehidupan masyarakat dan perkantoran di dua wilayah tersebut.

Plt. BPBD Kabupaten Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution, M.Si. melaui Sekretarisnya Khidir Sinaga, S.TP mengatakan, pihaknya sudah turun langsung untuk menangani peristiwa tersebut dan melakukan evakuasi sarana dan prasarana yang rusak serta memberikan bantuan kepada masyarakat korban terdampak angin puting beliung.

Menurut Khaidir, situasi dan kondisi sudah dapat ditangani dengan baik dan aman, hanya tinggal sisa-sisa kayu dan reruntuhan belum semua bersih dari lokasi kejadian. "Situasi sudah terkendali dan aman, namun kita masih mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan segera melaporkan kepada pihak terkait jika terjadi bencana susulan lainnya," tutupnya. ***