Kamis, 12 December 2019

Puluhan Kaum Ibu Ibu Geruduk Kantor Lurah Bagan Deli Belawan


#hendrik-rompas, belawan

Puluhan ibu ibu istri para nelayan tradisional warga Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan mendatangi Kantor Lurah, Selasa (21/5/2019).

Puluhan kaum ibu istri para nelayan tradisional ini mendatangi Kantor Kelurahan Bagan Deli menuntut haknya, sebab tidak mendapatkan dana kompensasi reklamasi Pelindo 1 yang telah diverifikasi pihak Distanla Kota Medan.

Menurut para puluhan ibu ibu ini, mereka sudah didaftar tapi tidak mendapatkan dana kompensasi “Sementara yang bukan nelayan malah mendapatkan dana konpensasi sebesar tiga jutaan,” ucap ibu ibu  istri nelayan tradisional ini di Kantor Lurah.

Sementara itu menurut Kadin yang didampingi Rudi C Tanjung selaku Ketua Hukum JPKP Sumut mengatakan, akan terus memperjuangkan hak para nelayan tradisional Bagan Deli yang terkena dampak reklamasi Pelindo 1.

Kemudian mendesak pihak Dinas Pertanian Kelautan (Distanla) Kota Medan agar memverisifikasi ulang data warga nelayan tradisional Bagan Deli, dan jangan pilih kasih.

Salah seorangb istri nelayan tradisional ini, Rodiah mengatakan “Akibat lautan yang ditimbun oleh pihak Pelindo 1, banyak kerugian yang ditimbulkannya para nelayan tradisionil seperti kami tidak bisa mencari kerang lagi dilokasi tersebut. Padahal ditempat tersebut kami mencari makan dengan cara mencari kerang. ***

Foto puluhan ibu ibu menggeruduk kantor Lurah. (*)