Minggu, 8 December 2019

Plt. Bupati Irup Upacara Peringatan Harkitnas CXI di Asahan


#jaka, asahan

Seperti biasa, tanggal 20 Mei, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Tahun 2019 ini Harkitnas sudah berusia 111 tahun. Kendati punya nilai historis yang penting, penetapan Harkitnas yang mengacu pada hari kelahiran Boedi Oetomo konon masih menyisakan perdebatan. Banyak yang mengajukan gugatan. Tetapi, banyak juga diantara kita yang justru kurang informasi mengenai seluk-beluk Harkitnas.

Hari ini tepatnya 20 Mei 2019 Pemerintah Kabupaten Asahan juga memperingati Harkitnas CXI di Halaman kantor Bupati Asahan Jalan Sudirman Kisaran dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Plt. Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. dengan peserta upacara Forkopimda, OPD, unsur TNI/Polri, ASN, Karang Taruna dan unsur Mahasiswa.

Dalam sambutannya H. Surya membacakan Pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang mengamanatkan, bahwa peringatan Harkitnas CXI pada tanggal 20 Mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa.

Menyinggung pelaksanaan Pemilu 2019, juga mengamanatkan, imbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi hal yang bisa memecahbela persatuan dan kesatuan. "Kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita, kita mengaspirasi pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa," tuturnya.

H. Surya menyampaikan bahwa Peringatan Harkitnas kali ini dbertepatan dalam suasana bulan Ramadhan.

Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan atau fitnah."Saya berharap hingga pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali Fitri dengan saudara-saudara disekitar kita," tutupnya. ***