Selasa, 2 June 2020

Pemkab dan Polres Asahan Periksa 30 TKI Pulang dari Malaysia


#jaka, asahan

Sebanyak 30 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Asahan dari Malaysia diperiksa Petugas gabungan dari Pemkab dan Polres Asahan, Minggu dini hari (29/3/2020) di Terminal Madya Kisaran. 

Pemeriksaan itu terkait dengan kesehatan penumpang dan dugaan adanya penyebaran virus corona yang masuk ke Asahan melalui penumpang atau orang yang mempunyai riwayat perjalanan dari daerah terinfeksi. 

Pantauan Wartawan, ke-30 TKI datang dengan menumpang mobil Bis umum jurusan Medan pada Minggu dini hari 29  Maret 2020 sekira pukul 02.00 WIB di Terminal Madta Kisaran. Bis yang membawa ke-30 penumpang langsung disemprot petugas petugas yang menggunakan APD lengkap dengan cairan disinfektan demikian dengan penumpang yang turun dari mobil.

Selain disemprot dengan cairan disinfektan, penumpang juga diperiksa suhu badannya dengan menggunakan alat pengukur suhu badan (thermo scanner) dan diperiksa kesehatannya oleh Plt. Dirut RSUD HAMS serta diwawancarai terkait dengan riwayat perjalanannya. 

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK menyampaikan, dari hasil koordinasi antar Polres dan pihak lain menginformasikan, 30 TKI asal Kabupaten Asahan itu sebelumnya dari Malaysia turun di Dumai Kepulauan Riau dan mereka akan kembali ke Asahan. ”Alhamdullilah, sesuai dengan pengecekan oleh Direktur RSUD Hams Drs Edy Syahputra, tidak ditemukan adanya tanda-tanda yang mengarah kepada atau termasuk kategori Orang Dalam Pantauan [ODP],” jelas Kapolres.

Kepada 30 orang TKI Kapolres mempersilakan pulang ke rumah masing-masing dan mengimbau agar 3 hari ke depan melakukan pengecekan di Puskesmas terdekat.

Sementara, Direktur RSUD HAMS Kisaran Drs Edy Syahputra menyampaikan, tidak ada satupun masyarakat Kabupaten Asahan yang terkena penyakit virus corona (Covid 19).

Turut mendampingi tim, Kabag Ops, Kasat Sabhara, Kadis, Direktur RSUD Hams Kisaran, Kadis Kominfo Asahan, Kasat Pol PP, Kadishub Asahan, PLt. Kadis BPBD Asahan dan Kadis PUPR Asahan. ***