Minggu, 16 June 2019

Pasang Perdani Serang Kota Belawan

Ribuan Kaum Ibu Gagal Membuat Kue Lebaran


#hendrik-rompas, belawan

Ribuan warga pesisir yang ada di Belawan, Medan Labuhan Hampara Perak mengeluh karena saat membuat kue Lebaran 1440 H rumah mereka direndam banjir air pasang perdani pada Selasa siang (04/06/2019).

Menurut keterangan,Ramlah warga Belawan Lama Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan. Saat dia membuat lontong didepan rumahnya menggunakan kayu apinya mendadak mati terkena air pasang yang mendadak naik dan menggenangi rumahnya.

Betu juga warga di Kelurahan Bahagi, Siti Karomah dan Sari saat membuat kue Bawang. Baru kami mulai membuat kue tiba tiba air pasang setinggi lutut orang dewasa dan dapur kami terendam air pasang perdani. Lain hal cerita Br Nasution warga Kelurahan Belawan Bahari ini, karena air pasang kualinya terguling dan minyak makan yang untuk dipergunakan menggoreng daging menjadi tumpah ketanah dan akibatnya gagal rendang yang kami buat.

Pasang perdani ini banyak rumah rumah warga yang berdekatan dengan laut yang terendam antara lain di Kelurahan Belawan l, Kelurahan Belawan Bahagi, Kelurahan Bagan Deli, Kelurahan Belawan Bahari dan di Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan.

Sementara di Kelurahan Medan Labuhan rumah warga yang direndam pasang perdani di Jalan Young Panah Hijau di Perkampungan Nelayan Indah dan di Gudang Kapur.Sementara di Kelurahan nelayan Indah seberang, banyak warga yang membatalkan pembuatan kue karena 2 minggu yang lalu mereka sudah membuat kue untuk lebaran tahun ini kata Saripah.***

Foto perumahan warga yang direndam air pasang. (*)