Kamis, 15 November 2018

Kota Belawan Direndam Hujan dan Air Pasang Rob


#hendrik-rompas

Kota Belawan merupakan pintu gerbangnya Propinsi Sumatera Utara dari Laut dan merupakan Pelabuhan terbesar di Propinsi Sumatera Utara ini kumuh dan perumahannya selalu direndam air pasang ROB maupun air hujan.

Seperti pada Minggu (28/20/2018) dinihari warga Kecamatan Medan Belawan yang hanya memiliki 6 Kelurahan itu perumahannya digenangi Air pasang ROB.Akibatnya rumah rumah warga di 6 Kelurahan ini direndan Air pasang ROB.

Sebelum air pasang ROB surut,pada Minggu paginya hujan deras turun mengguyur Kota Bekawan dan akibatnya seluruh Kelurahan terendam. Seluruh Kelurahan yang terendam air tersebu Kelurahan Belawan l,Kelurahan Belawan ll,Kelurahan Bagan Deli,Kelurahan Belawan Bahagia,Kelurahan Belawan Bahari dan Kelurahan Belawan si Canang.

Bajir ROB yang meredam Belawan setinggi 20 hingga 30 cm ini merendam kota Belawan dimulai pukul 02.30 wib sementara surutnya baru pukul 07.00 wib.Jalan jalan Protol digenangi air sedangkan warga yang rumah dipesisir pantai terpaksa sibuk mrncari tempat ysng lebih tingggi untuk menyelamatkan barang barang electronik dan pakaiannya agar tidak ikut terendam bajir.

Menurut warga Jalan Selebes Gang 2,Sabirin Banjar (55) banjir ROB yang merendam rumah rumah warga ini lama surutnya akibat adanya Reklamasi di paluh Kurau Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Seradang dan Reklamasi di ujung Gabion Belawan.Sementara pembuatan tanggul yang telah dicanang oleh Walikota Kota Medan sejak 2016 lalu hingga kini belum terwujut.Padahal kami sudah membayangkan jika pemerintah kota Medan membuat tanggul disepanjang pantai tersebut rumah kami dipastikan tidak terkena banjir pasang ROB lagi.***

Foto perumahan warga di jalan Sumatera yang direndam banjir ROB dan air hujan.***