Rabu, 23 October 2019

Hujan 3 Hari Berturut-turut, Desa Roworejo Tinggi Raja Banjir


#jaka, asahan

Hujan dengan intensitas rendah hingga sedang yang mengguyur wilayah Kabupaten Asahan selama 3 hari berturut-turut berdampak terhadap Desa Roworejo Dusun X Kecamatan Tinggi Raja kebanjiran.

Demikian disampaikan Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan Drs. Jhon Hardi Nasution, M.Si. melaui siaran pers-nya, Senin (30/9/2019) di Kisaran.

"Intensitas hujan sedang dan turun cukup lama di hulu wilayah Kabupaten Asahan pada tanggal 30 September 2019 pukul 05.00 WIB s/d pukul 09.00 WIB dan terus berlanjut dengan intensitas rendah pukul 09.00 WIB s/d pukul 13.00 WIB, berdampak naik dan meluapnya debit air Sungai di Kabupaten Asahan (Sungai Hianga, Sungai Piasa, Sungai Aek Silo) berdampak tergenang air.

Ketinggian air mencapai rata-rata 30-110 cm di atas permukaan tanah dan mencapai rata-rata 15-40 cm di dalam rumah warga. Namun hingga siang hari, kondisi air terus berangsur surut menuju ke wilayah yang lebih rendah.

Jhon menyampaikan, bahwa pihaknya bersama dengan Satgas telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan untuk menginventarisir yang terdampak serta kerusakan sarana infrastruktur.

Masih menurut Jhon Hardi, akibat dari banjir tersebut berdampak terhadap 85 unit rumah dan 110 KK tetendam air.  "Korban jiwa tidak ada, hanya beberapa luasan tanaman warga dan perkebunan serta kandang ternak milik warga menjadi terendam air termasuk 1 rumah ibadah," ungkapnya.

Jhon mengimbau kepada warga untuk tetap waspada terhadap adanya hujan susulan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan situasi tempat masing-masing. ***