Minggu, 21 July 2019

Gudang Sarung Parang di Binjai Terbakar


#eka malinda, binjai

Kebakaran melanda sebuah gudang pembuatan sarung parang di Jalan Padang, Lingkungan VI, Kelurahan Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, Kamis (04/07/2019) siang.

Tidak ada laporan terkait korban jiwa maupun luka akibat peristiwa itu. Namun kerugian material ditaksir mencapai lebih dari Rp 5 juta, karena sebagian besar bahan baku pembuatan sarung parang ikut hangus.

Keterangan dihimpun Inimedanbung, objek terbakar itu merupakan bangunan semipermanen milik Umar, yang selama ini difungsikan sang pemilik sebagai lokasi industri pembuatan sarung parang skala rumahtangga.

Kebakaran itu sendiri diperkirakan terjadi sekira Pukul 12.30 WIB. Kuat dugaan, musibah tersebut dipicu munculnya percikan api akibat hubungan arus pendek listrik di dalam gudang.

Staf Pusat Pengendali Operasi (Pudalops) BPBD Kota Binjai, Muhammad Surya Wijaya, menyatakan, musibah kebakaran itu sempat membuat panik warga, mengingat lokasinya di tengah pemukiman padat peduduk.

Menurutnya, kebakaran itu tidak sampai meluas dan merusak bangunan lain di sekitarnya. Pasalnya setelah kobaraa api terlihat, sang pemilik gudang beserta warga setempat segera melakukan upaya pemadaman menggunakan peralatan seadanya.

Meskipun demikian, lanjut Surya, BPBD Kota Binjai tetap menerjunkan tiga armada pemadam kebakaran, guna memaksimalkan upaya pemadaman titik api yang masih tersisa.

“Pukul 13.00 WIB tadi, situasi di sana sudah dapat kita tanggulangi. Saat ini pun polisi sedang melakukan olah tempat kejadian perkara, sembari mengumpulkan keterangan korban dan saksi mata,” katanya. ***

Foto : Tampak Gudang Sarung Parang Lenggang.(Foto inimedanbung/Eka Malinda)