Rabu, 14 November 2018

DKI Jakarta Juara Umum, Sumut Peringkat Ketiga

Wapres Jusuf Kalla Tutup Rangkaian Acara MTQN XXVII


#jack, medan

Wapres Jusuf Kalla menutup MTQ Nasional ke 27 yang bertahan di Medan. Dalam acara yang berlangsung sepekan melahirkan DKI Jakarta juara umum dan  Heri Kuswanto  asal DKI Jakarta sebagai Qari Terbaik, sedangkan tuan rumah bertengger di peringkat ke tiga dibawah Banten. 

Dalam sambutannyya JK mengatakan denngan syarat MTQ, muslim muslim tidak hanya internet, tapi juga memba Al-Quran. "Tapi saya tidak bisa membaca Al Quran tapi juga mengamalkannya," ujarnya. 

Selanjutnya, Indonesia beruntung karena diberi kedamaian. Tidak seperti negara Muslim, seperti Suriah, Yaman, Sudan, dan Libya. "Alhamdulillah kita diberikan kedamaian  dan saling bantu sesama," lanjutnya. 

Di akhir acara dilakukan  upacara penurunan  bendera MTQ yang diserahkan  kepada Gubernur  Sumatera Utara Eddy Rahmayadii, kemudian diserahkan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin untuk diberikan kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang bakal jadi tuan rumah  MTQ ke 28 tahun 2020.

 “Saya ucapkan selamat kepada para peserta yang diumumkan sebagai pemenang. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Utara karena telah menyelenggarakan kegiatan MTQ Nasional ini dengan baik. Membaca Quran itu berpahala, mendengarnya juga berpahala. Apalagi menyelenggarakan acara pembacaan Quran dengan indah. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Sumatera Utara,” ucap Jusuf Kalla di Astaka Utama Gedung Serbaguna di jalan Pancing Medan.

Sebelumnya, Gubernur Sumut Edi Rahmayadi dalam kata sambutannya mengatakan, bahwa seluruh kegiatan MTQ Nasional yang berlangsung di Sumut kali ini berjalan dengan baik dan lancar. Sumatera Utara bangga bisa menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahun ini.

“Namun begitu, dengan hati yang tulus, izinkan kami meminta maaf kepada seluruh tamu dan pihak-pihak terkait apabila terdapat kekurangan kami sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ Nasional kali ini. Semoga penyelenggaraan MTQ Nasional di Sumatera Utara kali ini dapat memberikan kesan yang baik bagi seluruh kafilah dan pihak-pihak terkait,” ucap Edi Rahmayadi.

Selanjutnya, Prof. Dr H Rom Rowi selaku Ketua Dewan Hakim MTQN XXVII mengumumkan para pemenang perlombaan MTQ. “Juara umum Musabaqah Tilawatil Quran Nasional tahun ini dimenangkan oleh Provinsi DKI Jakarta. Juara kedua dimenangkan oleh Provinsi Banten. Dan provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah berhasil menjadi juara ketiga,” tutur Rom Rowi.

Dalam acara yang juga dihadiri para duta besar dan konsul negara-negara sahabat tersebut, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan, agar kiranya penyelenggaraan MTQ tahun ini dapat menjadi penyemangat untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

“Terimakasih dan penghargaan kepada seluruh pejabat yang terlibat dalam penyelenggaraan MTQ Nasional kali ini. Khususnya Gubernur Sumatera Utara dan jajarannya yang telah berpartisipasi penuh dalam suksesnya MTQ Nasional tahun ini. Saya ucapkan juga selamat kepada para pemenang MTQ tahun ini,” ungkap Lukman Hakim.

Penutupan rangkaian acara pun resmi ditutup dengan pemukulan bedug dan Gordang Sambilan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, gubernur dan wakil gubernur, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Walikota Medan.

Tak hanya itu, usai penurunan Bendera MTQ dan menyerahkan bendera tersebut kepada menteri agama, Provinsi Sumatera Barat pun terpilih menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVIII. Ditandai dengan penyerahan Bendera MTQ dari Menteri Agama kepada Provinsi Sumatera Barat.

Untuk memeriahkan acara, artis ibukota yang merupakan penyanyi legendaris Indonesia, Iwan Fals hadir. Selain Iwan Fals juga hadir Vidi Aldiano dan artis pendukung lainnya. ***