Senin, 18 November 2019

Yusmansyah Terpilih Sebagai Ketua Alumni PDAM Tirtanadi


#jack, medan

Ir. Yusmansyah, MBA, MT terpilih sebagai Ketua Alumni PDAM Tirtanadi Sumatera Utara, digelar Rabu (16/10/2019) di Teladan Cafe.

Dalam silaturahmi tersebut juga telah terpilih Ir. Tauhid Ikhyar, MT sebagai Sekretaris dan Marten Yerni sebagai Bendahara Alumni.

Silaturahmi yang dihadiri oleh lebih kurang 50 orang mantan pegawai PDAM Tirtana diberlangsung dengan hikmat dan penuh dengan rasa persaudaraan.

Dalam pertemuan tersebut hadir para mantan pegawai PDAM tirtanadi yang telah pensiun sejak tahun 1997 hingga yang pensiun tahun 2018/2019. Walaupun telah pensiun sebagian besar mantan pegawai PDAM tirtanadi ini masih sangat sehat dan penuh energi.

Sebagaimana diketahui bahwa jumlah orang yang menguasai ilmu dan pengalaman dalam mengelola manajemen dan teknik pengolahan air minum perkotaan, sangat terbatas. Maka bagi mantan pegawai PDAM Tirtanadi sangat terbuka kesempatan untuk bekerja di bidang air minum pada masa purna bakti.

"Baik bekerja di perusahaan konstruksi pekerjaan sipil, mekanikal & elektrikal, laboratorium pemeriksaan kualitas air, pemasangan perpipaan dan pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan industri pengolahan air ataupun industri lainnya," ujar Yusmansyah.

Dikatakannya lagi, selain itu kesempatan besar juga masih sangat terbuka bagi para mantan PDAM Tirtanadi untuk berkarya di bidang konsultan perencanaan air minum dan sanitasi perkotaan, serta pemasangan jaringan perpipaan.

Menurut Ketua terpilih Ir. Yusmansyah MBA MT, hal seperti ini sudah lama diterapkan di negeri Belanda. Para mantan pekerja PDAM di Belanda, bergabung di dalam wadah konsultan air minum perkotaan dimana jasa konsultasi yang diberikan oleh mereka tidak hanya untuk wilayah Belanda saja namun dikembangkan keluar Belanda termasuk ke Indonesia

Terinspirasi dari apa yang yang berlangsung di Belanda, maka ketua terpilih Ir. Yusmansyah MBA, MT berkenan memotivasi semua anggotanya untuk berkarya pada sektor air minum setelah masa purna bakti.

Khusus para engineer mantan PDAM Tirtanadi, diakui oleh Yusmansyah adalah orang-orang yang langsung bekerja berkarya nyata di bawah pimpinan Ir Kumala Siregar sebagai direktur utama yang telah berhasil membawa PDAM tirtanadi ke masa keemasannya.

Pada saat itu PDAM Tirtanadi yang dinahkodai oleh Ir. Kumala Siregar dan para mantan PDAM Tirtanadi ini, telah berhasil membawa PDAM Tirtanadi menjadi PDAM terbaik se-Indonesia. Sehingga banyak PDAM, baik yang ada di Sumatera ataupun di Jawa datang untuk belajar ke PDAM Tirtanadi Sumut.

Para engineer mantan PDAM TIRTANADI saat ini ini masih banyak yang berkarya di beberapa perusahaan lain seperti perusahaan konsultan perencana, perusahaan air minum swasta, dan perusahaan lainnya baik yang berada di Medan, Jakarta maupun di luar negeri.

Bagi yang berbasis bukan engineering teknik, dengan pengalaman puluhan tahun mengelola manajemen air minum, maka pengalaman ini dapat disebarluaskan kepada generasi muda dengan cara memberikan kuliah di universitas, khususnya di universitas swasta.

Selain pada bidang tersebut di atas, masih banyak bidang-bidang lain yang bisa diisi guna mengabdikan diri untuk kemajuan Indonesia.  "Jangan pernah berhenti berkarya, walaupun sudah dalam masa purna bakti," ujar Ir Yusmansyah ketika memberi motivasi kepada para alumni PDAM Tirtanadi Sumut. ***