Kamis, 9 July 2020

Seludupkan BBM ke Batan, KM Bintang Mulya di Tangkap Syahbandar


>> hendrik-rompas, belawan

Kapal KM Bintang Mulia I jenis kapal Cargo yang melayari trayek Batam - Belawan ketika memuat BBM Solar sebanyak puluhan ton pada Selasa 15 Januari 2013 dikawasan dermaga 201 sekitar pukul 03.00 dini hari di Pelabuhan Belawan ditangkap petugas Sahbandar Belawan , hingga kini kapal yang seharusnya sudah berangkat itu ditahan .

Menurut keterangan pada Selasa 15 Januari 2013 sekitar pukul 03. 00 wib kapal KM Bintang Mulia I yang sandar didermaga 201 Pelabuhan Belawan yang tiba pada Minggu 13 Januari dari Pelabuhan Batam usai membongkar muatan dan mengisi muatan cargonya bermaksut akan berangkat ke Batam .

Karena situasinya sepi menjelang pagi itu , kapal ini memuat puluhan ton BBM Solar kedalam tanki yang sebelumnya telah disediakan oleh Nachoda dan KKM kapal ( kepala kamar mesin ), sebanyak 5 unit mobil taki dengan menggunakan pompa langsung memuat BBM tersebut kedalam kapal .

Petugas Sahbandar Utama Belawan yang melakukan patroli keliling didermaga melihat adanya keganjilan dikapal KM Bintang Mulia I , setelah didekati ternyata kapal ini sedang memuat BBM Solar sebanyak 5 unit mobil tanki .

Petugas yang berhasil memergokinya langsung menanyakkan surat ijin tentang Bunker ( mengisi BBM Solar kedalam kapal ) namun 5 unit mobil tanki pengangkut BBM Solar Ilegal ini ternyata dikawal oleh 3 orang petugas dari kesatuan TNI AL Belawan menghardik petugas Sahbandar dengan kata kata kasar .

Mendapat kata kata kasar dari pembekingnya , maka petugas Sahbandar Belawan ini langsung menelepon Kepala Sahbandar Belawan Benyamin Tangkuman S. Sos dan sekitar 15 menit kemudian Kepala Sahbandar tiba di dermaga disamping kapal KM Bintang Mulia .

Kepala Sahbandar Belawan melihat adanya 3 oknum TNI AL langsung menelepon Komandan Pomal dan dalam tempo singkat petugas Polmal yang dipanggil tiba ditempat namun ke 3 onum TNI AL Belawan ini keburu kabur bersama ke 5 unit mobil tanki yang telah siap mengisi BBM Solarnya kedalam kapal .

Akhirnya kapal KM Bintang Mulia I yang rencananya akan berangkat ke Batam itu ditahan Sahbandar Belawan , sementara Nachoda kapal Aswan bersama KKMnya Abu dimintai keterangan oleh petugas KPLP Belawan dan hingga Rabu 16 Januari 2013 kapal tersebut masih ditambat di dermaga 201 Pelabuhan Belawan .

Kepala Sahbandar Utama Belawan Benyamin Tankuman S Sos saat dikonpirmasi wartawan pada Rabu 16 Januari 2013 dikantornya menunjuk Humasnya untuk memberikan keterangan kepada wartawan , Humas Sahbandar Akramudin mengatakan bahwa kapal KM Bintang Mulia I memang benar ditahan Sahbandar Belawan .

Sementara itu berbagai sumber menyebutkan kapal cargo KM Bintang Mulia I ketika memuat BBM Solar sebanyak 50 ton menggunakan 5 unit mobil tanki untuk dibawa ke Pelabuhan Batam itu tidak ada ijin dari Sahbandar Belawan . Tapi BBM Solar itu bisa dimuat kedalam kapal karena adanya ijin dari Komandan KPLP Belawan , sementara pemuatannya keatas kapal dikawal oleh ajudan Komandan KPLP Belawan Arifin Pulungan maka kapal ini bisa memuat BBM Solar ntuk diseludupkan ke Pelabuhan Batam jelas sumber yang tak mau disebutkan namanya. ***