Selasa, 21 November 2017

Taman Mejuah-juah Karo Bakal Diperbaiki

Wagub Ingatkan Disbudpar Soal Fasilitas Publik


#jack, medan

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Dr Hj Nurhajizah Marpaung mengingatkan agar fasilitas publik di Taman Mejuah-juah Berastagi, Karo diperbaiki. Hal itu disampaikannya pada pembukaan Pesta Budaya Mejuah-juah Karo 2017, Kamis(26/10/2017) sore.

Dari kegiatan yang digelar di Taman Mejuah-juah Berastagi selama empat hari (26-29/10/2017), Wagub mengatakan pesta masyarakat Karo ini merupakan satu kekayaan budaya yang perlu dilestarikan dan ditanamkan kepada generasi muda untuk mencintai budayanya. Karena itu dirinya mengapresiasi atas antusias ribuan masyarakat menghadiri acara tahunan tersebut.

"Ini bukti bahwa Pemkab Karo peduli pelestarian kebudayaan yang ditanamkan kepada generasi muda agar dapat mencintai budaya kita di Sumatera Utara ini," ujar Nurhajizah.

Nurhajizah juga mengharapkan event akbar seperti ini menjadi kegiatan tahunan yang digelar dengan jadwal tetap. Sehingga ke depan, dapat disesuaikan dengan agenda promosi wisata baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi bahkan ke tingkat Nasional.

"Jadi dengan jadwal yang tetap, event ini nanti bukan hanya ditujukan di dalam negeri saja, tetapi juga hingga ke mancanegara. Yang jelas, untuk ini, kita tidur dua tiga jam saja tidak masalah, karena harus bekerja mengangkat kearifan lokal, umumnya di 7 kabupaten se-kawasan Danau Toba," jelasnya sembari berharap dukungan masyarakat menjadikan Geopark Kaldera Toba diakui UNESCO.

Kekayaan seperti ini lanjut Wagub, tidak dapat ditemukan di belahan dunia manapun. Sebab Karo merupakan bagian dari tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba. Sehingga dirinya menilai sangat naif jika Sumatera Utara tidak bisa mengangkat keunikan dimaksud.

"Keunikan kita ini tidak ada di negara lain. Jadi alangkah naifnya kalau kita tidak bisa mengangkat keunikan tersebut. Karena tentu kita akan mengecewakan anak cucu kita nanti. Dan antusias ini menunjukkan kita peduli," sebutnya.

Yang utama untuk pengembangan lokasi wisata di Berastagi jelas Nurhajizah, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memperbaiki beberapa fasilitas penunjang bagi pengunjung yang datang ke Kota Wisata itu. Bahkan Wagub pun mengingatkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk segera mengerjakan perbaikan di Taman Mejuah-juah seperti tempat duduk open stage, perbaikan drainase, pemasangan lampu penerangan sekaligus pengadaan fasilitas untuk anak-anak.

"Kita agendakan perbaikan fasilitas publik mulai November nanti. Saya minta Kadisbudpar mengerjakannya, kalau tidak dimulai November nanti, kita ganti saja Kadisnya," tegas Nurhajizah.

Dari kegiatan pembukaan Pesta Budaya Mejuah-juah tersebut, Wagub pun menikmati alunan lagu Karo dengan balutan musik rock. Bahkan dirinya pun ikut menari bersama dengan Bupati, Wakil Bupati Karo serta pejabat lainnya, dilanjutkan dengan peninjauan stand di lokasi acara. ***