Rabu, 17 July 2019

Pekan Raya Sumatera Utara 2019,

Asahan Tampilkan Kebudayaan Asli Daerah


#jaka, asahan

Siapa yang kenal dengan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) khususnya warga Sumatera Utara. PRSU yang digelar setiap tahun sekali selama satu bulan itu, melibatkan seluruh kabupaten/kota yang ada Provinsi di Sumatera Utara berjumlah 34 termasuk Kabupaten Asahan.

Untuk Tahun 2019 ini, PRSU digelar mulai tanggal 8 Maret sampai dengan 8 April di Komplek Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan diisi dengan tampilan seni dan kebudayaan lokal khas daerah masing-masing.

Kabupaten Asahan pada Jumat 29 malam 29 Maret mendapat giliran menampilkan seni budaya daerah dalam ajang tahunan itu, dengan melibatkan siswa dan siswi dari berbagai sekolah di Kabupaten Asahan dihadiri Wakil Bupati Asahan H. Surya, B.Sc., Asisten II Drs. Jhon Hardi Nasution, Kadisdibud Drs. Sopyan dan  beberapa OPD lainnya serta para Camat.

Kabupaten Asahan mempersembahkan kesenian-kesenian khasnya seperti tarian, nyanyian, senandung Asahan, dan kesenian lainnya yang dibawakan secara apik dan mendapat sambutan hangat dari pengunjung.

Sambutan Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, M.A.P. dibacakan Wakil Bupati menyampaikan,  pagelaran seni tahun ini mengambil tema melalui "Pekan Raya Sumatera Utara Tahun 2019 kita perkenalkan budaya Asahan pada dunia." 

Wabup memberikan apresiasi terhadap penampilan kesenian yang diperagakan siswa dan siswi. Diapun berharap agar kegiatan ini dapat terus ditingkatkan dan menjadi ajang pelestarian seni budaya khas Kabupaten Asahan, sehingga ke depan generasi muda tidak melupakan seni dan budaya dari daerah asalnya. ***