Senin, 20 May 2019

Masjid Raya Kota Binjai Bukti Kejayaan Kesultanan Langkat


# lia, binjai

Jejak sejarah Kesultanan Langkat masih jelas terpampang di Kota Binjai.  Satu di antaranya Masjid Raya merupakan peninggalan Kesultanan Langkat yang sudah berusia 129 tahun di Kota Binjai.

Imam Masjid Raya Kota Binjai, Ustaz Muhammad Hanzalah, mengatakan Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1887 oleh Sultan Langkat Haji Musa. Kemudian pada tahun 1890 Masjid Raya Kota Binjai diresmikan oleh Sultan Abdul Aziz anak dari Sultan Langkat Haji Musa. "Sedang dalam proses pembangunan, Sultan Haji Musa memberikan amanah kepada Sultan Abdul Aziz untuk melanjutkan dan meresmikan Masjid ini. Sultan Abdul Aziz ini lah yang mendirikan Masjid Azizi Tanjung Pura," ungkap Muhammad Hanzalah, Selasa (14/5/2019).

Ustaz Muhammad Hanzalah menuturkan, latar belakangMasjid Raya Kota Binjai dibangun pada saat itu, karena pada masa itu di Kota Binjai belum ada Masjid untuk rumah ibadah umat muslim atau Islam. "Untuk bangunan sendiri, bagian dalam semua masih asli ornamen dan arsitekturnya. Kalo saya tidak salah dengar semua berasal dari Belanda," ucap Muhammad Hanzalah.

Wisatawan dari berbagai negara sudah banyak yang datang keMasjid Raya Kota Binjai ini. Begitu juga dengan wisatawan di luar Kota Binjai. "Ada yang datang dari Malaysia ke Masjid Raya Binjai ini, nanti tanggal 20 bulan ini juga ada kunjungan dari Palestina. Bukan hanya wisatawan saja yang datang kesini, namun mahasiswa juga menjadikan Masjid tersebut objek penelitian tesis," ujar Ustaz Muhammad Hanzalah.***

Foto : Masjid Raya Kota Binjai. (*)