Senin, 30 March 2020

Kunker DPR RI M Husni di Sergai,

Pulau Berhala Destinasi Wisata “Eco Marine Tourism”


#jack, sergai

Anggota DPR RI M Husni saat Kunjungan Kerja (KunKer) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) , Selasa (10/3/2020) membahas pembangunan Pulau Berhala selain sebagai pusat pengembangan wawasan bela Negara juga sebagai objek wisata di Indonesia bagian barat dengan konsep “Eco Marine Tourism”.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut-1 ini langsung disambut Bupati Sergai Ir Soekirman dan Wakil H. Darma Wijaya SE di Aula Tengku Rizal Nurdin Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, juga hadir anggota DPR Rai Am.

Bupati Sergai Ir Soekirman dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kabupaten ‘Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat’ memiliki 1 pulau terluas yaitu pulau berhala yang terletak di Kecamatan Tanjung Beringin pulau ini berbatasan dengan selat malaka secara geografis berada pada posisi 3 derjad 46’38” lintang utara dan 99 derjad 30’03” bujur timur dengan luas total kurang lebih 46,75 hektar. Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional atau RPJMN teknokratik Pulau Berhala merupakan salah satu di antara pulau-pulau kecil terluar yang merupakan lokasi prioritas (lokpri) untuk tahun 2020-2024.

Soekirman juga menjelaskan bahwa Pulau Berhala sebelah utara berbatasan dengan Selat Malaka dan sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Sei Rampah, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Teluk Mengkudu serta sebelah timur berbatasan dengan Selat Malaka dan Kecamatan Bandar Khalifah.

Sedangkan permasalahan yang dihadapi, lanjut Bupati, yaitu pertama kondisi pos pengamanan Pulau Berhala kurang memadai, kedua kondisi fisik dermaga di Pulau Berhala sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak, ketiga kondisi pelabuhan dan dermaga di Tanjung Beringin kurang layak, keempat pendangkalan akibat sedimentasi yang cukup tinggi di pelabuhan atau dermaga Tanjung Beringin, kelima sarana transportasi laut yang tidak memadai, sarana air bersih yang kurang memadai lampu penerangan dan sumber listrik yang juga kurang memadai.

Tinjau Desa Bagan Kuala

Usai menerima kunjungan, Wabup Sergai H Darma Wijaya bersama Anggota DPR RI Komisi III H M Husni, SE.MM, Dandim 0204 DS, mewakili Kapolres sergai, mewakili Kajari Sergai, Ketua DPRD Sergai, serta anggota DPRD Sergai dan para Kepala OPD meninjau Desa Bagan Kuala yang merupakan Desa Perbatasan.

Wakil bupati Sergai H Darma Wijaya SE disela sela kunjungan kerja DPR RI mengatakan bahwa Pulau Berhala memiliki keragaman yang sangat unik. Hal lain yang tak kalah menarik juga bisa ditemukan di Pulau Berhala yaitu penangkaran Penyu.  “Pengembangbiakan penyu sangat susah di jumpai, melihat penyu bertelur merupakan kesan yang sangat menarik. Selain keindahan Pulau Berhala yang sangat memanjakan mata, pantai yang bersih membuat kita enggan untuk beranjak pulang dari Pulau Berhala,” ujarnya terkesan.

Sementara itu Anggota DPR RI Komisi III H M Husni, SE.MM mengatakan, Jila pemerintah daerah dan Pemerintah pusat bersinergi maka yang berat akan menjadi ringan. Karenanya kunjungannya ke Sergai untuk menjaring berbagai aspirasi untuk mengembangkan Pulau Berhala.  “Selaku anggota DPR RI saya bertanggung jawab dalam menerobos Kementerian terkait dalam memajukan Pulau Berhala menjadi objekwisata,” Tandasnya.

Husni juga menjelaskan, terkait usulan untuk dukungan dalam membenahi pulau berhala akan diusulkan ke Kenteriaan terkait. Sedangkan masalah penangkaran penyu sudah mendapat tanggapan positif dari Kementerian Perikanan. ***