Jumat, 29 May 2020

Cegah Penyebaran Covid-19 di Asahan,

Tim Gugus Tugas Kembali Periksa 17 Pelancong dari Malaysia


#jaka, asahan

Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan kembali periksa kesehatan 17 orang pelancong yang baru pulang dari Malaysia, Senin dini hari (30/3/2030) di Terminal Madya Kisaran. 

Tim dengan ADP lengkap dipimpin wakil Gugus Tugas Taufik ZA dan Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto dan Direktur RUSD HAMS dr. Edi Iskandar langsung memberikan semprotan disinfektan kepada 17 orang yang baru turun dari Bus umum. 

Selain itu, tim juga melakukan tes suhu badan dengan menggunakan thermo scanner dan diwawancarai terkait riwayat perjalanan.  Ke-17 orang tersebut 10 asal Asahan 5 orang dari Tanjungbalai dan 2 lainnya dari Labuhanbatu mengaku baru pulang dari Malaysia untuk melakukan wisata /melancong ke negeri jiran. 

Taufik ZA mengatakan, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan tim Gugus Tugas ke-17 orang tersebut tidak tertular Vorona dan dinyatakan sehat.  "Hasil pemeriksaan secara detail, ke-17 orang tersebut bebas dari virus corona, " kata Seda Kabupaten Asahan itu. 

Taufik menjelaskan, hingga saat ini tidak ada masyarakat Kabupaten Asahan yang positif terjangkit corona, bahkan masyarakat yang masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) mayoritas dalam kondisi sehat. 

Namun, pencegahan tetap dilakukan dengan penyemprotan desinfektan sebagai salah satu upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus yang saat ini cukup membahayakan umat manusia.  “Memang hingga saat ini tidak ada masyarakat Kab. Asahan yang positif terjangkit corona, namun kita harus tetap waspada dengan lakukan antisipasi terhadap hal-hal yang dapat menyebabkan masyarakat tertular virus corona”, ujar Taufik Zainal.

Taufik mengatakan, ke-17 orang tersebut, akan difasilitasi mulai dari pengawalan penjemputan sampai mengantar kerumah masing- masing, juga kepada mereka diberikan minuman berupa susu Beard Brand. 

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang juga merupakan Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19  di wakili Kasat Intel AKP Sunarto, SH sampaikan dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada 17 orang pelancong   asal Malaysia tidak ada indikasi tertular virus Corona. 

Turut hadir, Kadis Kominfo,  Plt. Kepala  BPBD, Plt. Kasat Pol PP, Kapala Dinas Perhubungan, Dirut RSUD HAMS, Disnaker.  ***