Rabu, 14 November 2018

BI Dorong Perbankan Kembangkan Wisata Danau Toba


#amelia, medan
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Suhaedi menyatakan, pengembangan pariwisata Danau Toba akan mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus mengatasi masalah defisit transaksi berjalan yang kini dihadapi.

“Bila pariwisata Danau Toba berkembang, perekonomian di delapan kabupaten/kota yang bersinggungan dengan obyek wisata itu akan tumbuh, sehingga menggerakkan roda perekonomian daerah itu,” ungkapnya di sela kegiatan Diseminasi Kebijakan Moneter Penguatan keseimbangan eksternal perekonomian dan Strategi Pengembangan Pariwisata, Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara di Medan, Kamis (13/9/2018).

Harapan itu pula, kata Suhaedi, yang mendorong BI menggelar rangkaian kegiatan sejak Rabu (12/9/2018) dengan Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Mengembangkan Danau Toba dengan Memanfaatkan Teknologi Digital”. "Mulai dari pemasaran dan layanan sistem pembayaran dan sebagainya didiskusikan mendalam antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), perbankan dan industri komunikasi. Intinya bagaimana kita semua ingin mewujudkan Danau Toba sebagai pariwisata yang unggul," paparnya.

Apa lagi, Suhaedi menilai, target menghadirkan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia 2019 mendatang, satu juta wisatawan diantaranya berkunjung ke Sumatera Utara, harus diwujudkan dengan langkah strategis. Dari sisi perbankan, pihaknya akan memfasilitasi pelayanan transaksi pembayaran tunai maupun non tunai. “Perbankan menjamin persediaan uang rupiah di daerah wisata itu cukup. Melalui jaringan kantor bank dan ATM, kita dorong dengan perbankan," ujarnya.

Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Ari Prasetyo mengaku pihak BI sangat fokus membantu pengembangan Danau Toba. "Pengembangan Danau Toba tidak bisa kita lakukan sendiri. Kerjasama dengan banyak pihak termasuk pusat, stakeholder sangat diperlukan dan kita selalu berkoordinasi" ujarnya.

Ia mengklaim, dalam dua tahun terakhir banyak perubahan positif yang dicapai untuk Danau Toba yakni dari segi 3A (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas) sudah cukup baik. "Termasuk Bandara Internasional Silangit yang sudah melayani penerbangan langsung dari Malaysia empat kali seminggu dan akan terus bertambah," ucapnya. ***