Jumat, 19 April 2019

Sabtu, Kongres Askot PSSI Medan, Nanda Ramli Calon Kuat


#syawal, medan

Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Medan kembali akan menyelenggarakan kongres yang rencananya berlangsung pada 9 Februari 2019, di Medan Club, Jalan Kartini Medan.

Adapun agenda Kongres Askot PSSI Medan tahun ini, selain laporan pertanggungjawaban pengurus Askot PSSI Medan periode 2014-2018, sekaligus pemilihan ketua umum, wakil ketua, dan anggota Executive Committee (EXCO) periode 2018-2022.

Sekretaris OC Kongres Askot PSSI Medan, Pesta Lumbangaol, menjelaskan satu hari jelang penutupan pendaftaran calon ketua, wakil ketua dan anggota Exco sudah ada calon yang mendaftar. Salah satunya calon ketua umum Askot PSSI Iswanda Nanda Ramli.

Nanda yang sebelumnya juga ketua Askot PSSI Medan periode 2014-2018 ini merupakan calon kuat kembali pimpin PSSI untuk empat tahun ke depan.

“Untuk saat ini masih lima yang mendaftar Exco, satu wakil dan satu ketua. Baru itu yang mendaftar sekarang ini. Sementara di pemilihan itu nanti kan ada tujuh,” ucap Pesta.

Dikatakan Pesta untuk tahapan pendaftaran baik ketua, wakil ketua, maupun anggota EXCO telah dilakukan sejak 1 Februari dan akan berakhir pada 5 Februari. Sementara kongres Askot PSSI Medan akan dimulai 9 Februari.

“Tanggal 1-5 Februari itu pengambilan dan pengembalian formulir. Kemudian tanggal 6 Februari verifikasi berkas pendaftaran dan 7 Februari adalah pleno penetapan calon ketua, wakil ketua dan anggota Exco. Baru tanggal 9 Februari kita laksanakan kongres.

Pada kongres Askot PSSI Medan akan dihadiri peserta (voters) yang terdiri dari 22 anggota klub dan 20 SSB. Untuk klub akan diwakilkan dua peserta, sedangkan SSB hanya diwakilkan satu peserta. “Peserta kongres berasal dari klub yang ada 22 klub. Kemudian peninjau dari SSB ada 20 SSB. Setiap SSB peninjau kita mohon hanya satu peninjau. Sementara kalo dari klub 2 orang satu voters dan satu pendamping.

Nanda Calon Kuat

Sementara itu, calon tunggal ketua Askot PSSI Medan Iswanda Nanda Ramli, mengaku telah didukung 17 dari 23 klub anggota PSSI Medan. Nanda mengakui alasan dirinya kembali ingin memimpin PSSI untuk periode kedua ini, adalah melanjutkan program yang telah berjalan dan lebih memajukan kompetisi sepakbola usia dini di kota Medan.

“Kita berkeinginan nanti ke depan bagaimana bisa semua pengurus itu bisa terus aktif. Kalo kemarin masih banyak pengurus yang tidak aktif. Jadi, kita minta kepada pengurus yang baru ini untuk meluangkan waktunya untuk PSSI,” ucap Nanda.

Selama kepengurusan PSSI di bawah pimpinan Nanda, program kerja Askot PSSI Medan memang sangat aktif. Termasuk menggairahkan kembali turnamen sepakbola di bawah usia 12, 14, dan 17 tahun.

“Program pertama yang sebelumnya ada tetap dilanjutkan. Turnamen usia U-12, U-14, dan U-17 tetap. Jadi ke depan bakal ada turnamen U-11 tahun. Ke depan untuk klub yang di bawah naungan PSMS bisa bergabung di Askot ini supaya bisa kita buat kompetisi seperti di PSMS yang lalu. Ada klub divisi satu, divisi dua, dan divisi utama,” kata Nanda.

Jika dipercaya kembali pimpin Askot PSSI untuk dua periode, Nanda juga akan mengupayakan agar setiap klub anggota PSSI mendapat dana hibah dari Pemko. Khususnya untuk membantu gaji pelatih di masing – masing klub.

Sementara itu untuk suasana di sekretariat Askot PSSI Medan, panitia kongres telah menerima berkas pendaftar calon ketua Iswanda Nanda Ramli. Serta 5 calon Exco PSSI Kota Medan, Muchairany, Iqbal Sinaga, Ongku Zulfin Nasution, Yandrinal Amiruddin, Fakhrizal. ***