Sabtu, 16 February 2019

Petanque Sumut Targetkan 4 Besar di Pra-PON 2019


#syawal, medan

Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumut bersiap menghadapi Pra Kualifikasi PON 2019 yang berlangsung Agustus di Jakarta.

Terdapat 8 atlet yang akan diturunkan FOPI Sumut yang terdiri dari empat putra dan putri. Mereka adalah putra, Pumareka Tarigan, Rudi Irwanto, Erry Havosan Nababan, Muhammad Dia, dan putri, Nosanta Yevi Tarigan, Yuyun danaty Manullang, Cintami Rahmadani Jambak, Rohana Purba.

Sekum FOPI Sumut, Ibrahim Sembiring mengungkapkan bahwa Petanque menargetkan 4 besar pada gelaran Pra PON 2019. “Untuk Pra PON kita targeti empat besar bang, karena kita tahu aturan dr PB bahwa yang lolos PON 2020 nanti berdasarkan Rangking dari perolehan medali. Jadi dari 11 nomor pertandingan kita targeti bisa masuk empat besar,” tuturnya, JUmat (18/1/2019) di Lapangan STOK Bina Guna, Medan.

Bahkan untuk memenuhi target tersebut, ia menjelaskan bahwa FOPI Sumut akan mengirimkan atlet untuk training camp (tc) ke Malaysia Juli 2019 mendatang selama sebulan. “Kita tahu masih perlu banyak berlatih dan mengambil banyak pelajaran. Jadi kita rencanakan akan tc ke luar negeri itu di Malaysia. Kita tahu bahwa Indonesia masih baru untuk memulai olahraga ini. Jadi kita kesana untuk memperbanyak pengalaman bertandingan dan belajar memantapkan teknik, strategi dan mental,” bebernya.

Bahkan ia menjelaskan bahwa 5 atlet Petanque Sumut saat ini dibina dalam Program Sumut Emas. Hal ini membuktikan cabor ini menjadi andalan Sumut untuk meraup emas.

“Kita diberikan kepercayaan masuk program PSE sejak bulan Februari 2018. Itu ada lima atlet dan sejak 4 Januari kemarin telah kembali melakoni pelatda intensif di Lapangan Petanque STOK Bina Guna,” tuturnya.

Bahkan saat ini, seluruh atletnya yang tidak mengikuti PSE juga tengah dipersiapkan dalam latihan rutin. “Saat ini FOPI Sumut juga terus melakukan pembinaan secara intensif dan setiap hari dilakukan. Karena memang tekat kita untuk bisa mempersembahkan medali emas untuk Sumut pada PON 2020 Papua,” tutupnya. ***