Kamis, 2 July 2020

KONI Sumut Genjot Atlet PSE Dengan Tes Fisik


# yonan-febrian

Atlet yang tergabung dalam Program Sumut Emas (PSE) akan terus dievaluasi perkembangannya minimal per tiga bulan sekali. Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan saat meninjau tes fisik atlet PSE di Stadion Unimed, Sabtu (1/4/2017). “Alhamdulillah, setelah pekan lalu kita mengadakan tes  kesehatan, kini seluruh calon atlet PSE mengikuti tes fisik. KONI Sumut melakukan langkah guna memastikan kondisi atlet benar-benar siap. Nanti tiga bulan sekali, kami akan pantau  dan evaluasi perkembangan mereka, karena program ini memberlakukan sistem promosi degradasi,” ujar John Lubis.

John didampingi Sekretaris  PSE Mesnan M Kes dan panitia seleksi DR Sanusi Hasibuan, Hj Dahliana SH MSi lebih lanjut membenarkan, PSE merupakan program KONI Sumut dalam mempersiapkan atlet menghadapi PONXX/2020 di Papua.

Atlet yang tergabung dalam  program ini adalah peraih medali emas PON XIX/2016  (super prioritas), penyumbang perak dan perunggu  (prioritas) serta peringkat 3 hingga 6 PON XIX/2016 (unggulan).

KONI Sumut, tambah John, sesungguhnya telah memiliki data tentang seluruh calon atlet PSE. Namun, pihaknya ingin mendapatkan kondisi terbaru. “Ini adalah tes perdana bagi atlet setelah mengikuti PON XIX/2016. Dan kita bersyukur, setelah enam bulan pelaksanaan pesta olahraga paling bergengsi di tanah air tersebut, kondisi para atlet umumnya baik,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk pelaksanaan tahun pertama ini, PSE melibatkan 75 atletdari 13 cabor yakni atletik, anggar, angkatbesi/angkatberat, boling, biliar, gulat, karate, pencak silat, tarung drajat, tinju, wushu,  renang dan , taekwondo.

Namun untuk pelaksanaan tahun berikutnya atau seiring dengan kian dekatnya pelaksanaan Pra PON maupun PON XX/2020,  dipastikan  jumlah atlet kian bertambah. Dan tidak ada jaminan bagi atlet tetap bisa bergabung dalam PSE. “Sistem promosi degradasi diberlakukan. Karenanya jika hasil evaluasi kondisi dan prestasi atlet menurun, posisinya akan digantikan dengan yang lain,” jelas John.

John mengapresiasi dan terus mengajak seluruh Pengprov olaharaga di Sumut bekerjasama menyukses PSE karena dari program inilah nantinya terbentuk kontingen yang akan membela Sumut di PON XX/2020.

“KONI Sumut tentunya tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemprovsu dan DPRD Sumut sehingga program ini bisa berjalan.”Kita yakin dan percaya, ke depan alokasi dana olahraga akan terus bertambah sebab ketubuhan persiapan para atlet juga dipastikan akan lebih besar,” kata John.***