Kamis, 2 July 2020

Faisal Arif Nahkodai Pemprov IMI Sumut


# yonan-febrian

Faisal Arif Nasution terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara pada Musyawarah Provinsi (Musprov) IMI Sumut periode 2017/2021, di Hotel Santika Medan, Selasa (28/3/2017).

Faisal Arif Nasution menggantikan Musa Rajekshah sebagai ketua umum periode 2012/2016.

Pada sidang Musprov yang dipimpin Mawardi, Syahruddin Siregar, dan Ahmad Saukhi menyatakan Faisal resmi terpilih secara aklamasi setelah mendapat dukungan 17 dari 18 klub anggota pemilik suara.

Ketua umum terpilih Faisal Arif Nasution tetap mengajak pengurus sebelumnya di bawah kepemimpinan Musa Rajekshah untuk bergandeng tangan dan memperkuat tali persaudaraan demi tujuan bersama dalam rangka menyukseskan program kerja untuk empat tahun ke depan. " Sejak tahun 2004 saya bergabung menjadi anggota IMI banyak jasa ketua Ijek dalam memajukan IMI Sumut. Karena itu, program pengurus sebelumnya akan tetap kami laksanakan. Termasuk tahun 2018, kita akan programkan rally pariwisata dan motorcross. " harap Faisal yang juga Kadis Disbudpar Deli Serdang ini.

Ketua demisioner Musa Rajekshah mengakui sudah saatnya kepengurusan IMI Sumut dipegang oleh ketua baru. Sebab, selama ini pria yang akrab disapa ijek ini sudah memimpin selama tiga periode. 

"Harapan kami ketua umum IMI Sumut terpilih, bisa membuat IMI ke depan lebih berprestasi dan membanggakan. Karena IMI tidak hanya melaksanakan kejuaraan saja, namun juga kegiatan sosial  sekaligus sebagai promisi wisata.

Maka saya menghimbau kepada pengurus baru juga terus jalin hubungan baik dengan TNI, Polri serta masyarakat agar program IMI berjalan dengan baik," ujarnya.

Kepada kepengurusan baru diharapkan bisa melanjutkan program sebelumnya, termasuk melaksanakan kejuaraan daerah maupun kejurnas. Disatu sisi, saat ini IMI Sumut bersama Poldasu sudah mencanangkan program sekolah kemudi. Lebih lanjut Ijek menjelaskan jika IMI Sumut setiap tahun sudah melaksanakan 100 even roda dua maupun empat. Seperti selama tahun 2016, sudah ada158 even daerah dan 5 even kejurnas baik roda dua dan empat yang merupakan hasil dari rakerda. " Selama tahun 2017 kita telah susun agenda kejuaraan sebanyak 194 even daerah dan 5 even kejurnas yang sudah terdaftar. " jelasnya.

Selain aktif menyelenggarakan sejumlah kejuaraan, IMI Sumut disamping tu juga aktif melakukan kegiatan sosial, dan promosi pariwisata daerah. Program tersebut selama ini juga telah berjalan dengan efektif. Apalagi, dengan jumlah 29 klub yang terdaftar sebagai anggota resmi di IMI Sumut saat ini, total seribu lebih jumlah anggota. Namun, jumlah tersebut belum dikumulasikan dengan komunitas otomotif di Sumut yang belum terdaftar di IMI, yang mencapai lebih dari 5000 anggota.

" Saya pribadi tidak akan lupa dengan IMI Sumut. Karena di IMI banyak pelajaran yang saya peroleh, baik bagaimana menyelesaikan masalah pengurus maupun kejuaraan." ujar Ijek.

Namun, Ijek meminta kepada pengurus baru untuk bisa mewujudkan cita - cita kepengurusan lama yang masih tertunda, yakni tuan rumah kejuaraan rally tingkat dunia.

" Dalam waktu dekat program IMI adalah mempersiapkan kejurnas rally. Namun, untuk kejuaraan dunia di Sumut memang sudah lama tidak dilaksanakan. Terakhir tahun 1996 kejuaraan dunia dilaksanakan di Medan. Kejuaraan dunia memiliki manfaat banyak bagi Sumut, termasuk media promosi wisata yang berdampak bagi ekonomi Sumut," jelasnya.

Gubsu Ir H T Erry Nuradi menilai IMI Sumut termasuk cabang olahraga yang sangat aktif melaksanakan kejuaraan. Namun, selain aktif melaksanakan kompetisi, pengurus IMI juga diharapkan bisa melaksanakan beberapa fungsi kegiatan lainnya seperti melakukan sosialisasi terhadap peraturan tertib berlalulintas yang baik, fungsi sosial dan turut mempromosikan wisata daerah.

Untuk mendukung itu pula, pemprovsu dan Kapolda sudah menjalin MoU dengan dinas pendidikan agar memasukkan pengetahuan tertib berlalu lintas ke dalam kurikulum pelajaran siswa di sekolah.

" Salah satu penyebab kematian terbesar kedua di dunia adalah kecelakaan lalu lintas. Hampir 60 orang setiap harinya meninggal karena kecelakaan. Karena itu, tidak hanya pihak kepolisian dan pemerintah saja, tapi IMI memiliki tanggung jawab bersama untuk menyadarkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas." ucapnya.

Ketua Koni Sumut John Ismadi Lubis mengatakan pihaknya sangat merindukan IMI Sumut kembali dipercaya sebagai tuan rumah kejuaraan dunia khususnya cabang rally, minimal tingkat asia tenggara. Koni Sumut bahkan telah agendakan kejuaraan IMI piala Gubsu sebagai persiapan menuju PON 2020. " Meskipun belum ada kepastian cabor ini bisa atau tidak dipertandingkan di PON 2020, paling tidak Sumut tetap lakukan persiapan. Apalagi pada 27 April nanti, IMI memasuki usia 111 tahun. Kita tentu berharap diusia yang sudah lama ini IMI Sumut bisa berjaya dan maju," harap John.

Sekjen IMI Pusat, Jefri JP mengatakan jika selama ini IMI Sumut berkontribusi besar dalam melaksanakan even nasional.  

Melalui Musprov ini pula pihaknya  berharap program IMI Sumut tahun ini seyogyanya mesti diselaraskan dengan program IMI pusat sesuai rakernas 2016 lalu. "Perlu komitmen dan kerja keras dari pengprov,  klub, serta pihak yang terlibat dalam kegiatan olajraga dan wisata otomotif. ***

Mari kita dukung organisasi IMI yang modern, komunikatif, terbuka dan solid. Tapi, jangan campur adukkan IMI ini dengan unsur politik " jelasnya.

Adapun tim formatur yang dipercaya untuk menyusun kepengurusan periode 2017-2021 diantaranya Faisal Arif Nasution, Musa Rajekshah, Mawardi, Syahruddin Siregar, dan Ahmad Syauki. Hadir pada acara Musprov, dan Agung Nugroho Ketua IMI Riau.***

 

 

Teks Foto: Mantan Ketua IMI Sumut Ijeck salam komando dengan Ketua IMI Sumut yang baru Faisal Arif Nasution yang terpilih aklamasi.