Rabu, 19 June 2019

DPRDSU Prihatin Anggaran KONI Sumut 2019 Minim


#jack, medan

Anggota DPRD Sumut Nezar Djoeli menyampaikan keprihatinan atas minimnya anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut tahun 2019 yang hanya sekitar Rp6 miliar.

Menurut Politisi Nasdem ini kepada pers di Medan, Selasa, dari Rp154 miliar anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut tahun 2019, hanya sekitar Rp6 miliar yang dialokasikan untuk KONI setempat.

“Dispora Sumut terkesan lebih mengutamakan penggunaan APBD untuk pembangunan sarana fisik dari pada meningkatkan porsi anggaran untuk pembinaan olahraga yang dilaksanakan oleh KONI,” ucap Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Sumut ini.

Dana sebesar Rp6 miliar lebih yang dialokasikan Dispora Sumut kepada KONI Sumut, lanjutnya, dipastikan sangat tidak memadai untuk menopang persiapan pembinaan atlet daerah itu dalam rangka menghadapi sejumlah event berskala regional, nasional dan internasional.

Pengalokasian anggaran kepada KONI Sumut yang tergolong minim tersebut, kata dia, menunjukkan bahwa Dispora Sumut kurang peduli terhadap program pembinaan atlet.

Dalam upaya memaksimalkan efekivitas APBD Sumut 2019, kata dia, Kepala Dispora Sumut seharusnya menunjukkan komitmen mengalokasikan porsi anggaran untuk pembinaan olahraga secara berkesinambungan.

Hal ini kata anggota Komisi A DPRD Sumut itu sangat bertolak belakang dengan komitmen Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Rajekshah (Ijek) yang begitu mendukung pembinaan olahraga di provinsi ini.

Apalagi Sumut akan menjadi tuan rumah PON 2024 nanti, yang tentunya pembinaan sudah dimulai sejak sekarang.

Sebelumnya, kata Nezar DPRD Sumut menyetujui anggaran hibah untuk KONI Sumut yang diakomodir melalui Dispora sebesar Rp53 miliar atau sekira lima persen dari total APBD Sumut.***