Kamis, 22 August 2019

30 Calon Pemain PSMS Lolos Seleksi Tahap Dua


#syawal, medan

 Sebanyak 30 pemain terjaring melalui seleksi pemain PSMS tahap kedua yang digelar di Stadion Kebun Bunga Medan, Jumat (18/1) dalam upaya tim tersebut menghadapi Liga 2 Indonesia.

Pelatih PSMS Abdul Rahman Gurning di Medan, Jumat, mengatakan, 30 pemain yang terjaring merupakan rekomendasi mantan pemain PSMS dan penasehat/legenda PSMS Tumsila, dan akan dikerucutkan lagi menjadi 11 pemain dalam seleksi tahap ketiga. 

Seleksi terbuka yang dilakukan merupakan komitmen PSMS untuk memberi kesempatan kepada pesepakbola lokal Medan dan Sumut. 

Kebijakan ini sejalan harapan Pembina PSMS Medan Kodrat Shah agar skuat PSMS ke Liga 2 nanti 80 persen didominasi pemain lokal. Seleksi tahap ketiga direncanakan juga sudah diikuti pemain-pemain yang sudah jadi dari klub-klub Liga 2 serta skuat PSMS eks Liga 1.

Pemain hasil seleksi terbuka yang sudah dikerucutkan menjadi 11 pemain, direncanakan akan dihadapkan dengan pemain-pemain Liga 2 dan eks skuat PSMS.

Pemain Liga 2 yang masuk radar pelatih, menurut Gurning sudah dihubungi untuk mengikuti seleksi/latihan tahap ketiga, Senin (21/1/2019).

Ia mengatakan, seleksi terbuka tersebut diharapkan jadi motivasi bagi pemain Sumut untuk semakin giat mengembangkan kemampuan, apalagi memang selama ini Sumut khususnya medan banyak melahirkan pesepakbola handal.

Apalagi pada beberapa posisi, seperti bek kiri saat ini tergolong sulit didapat, sehingga paling tidak pemain seleksi bisa jadi pemain pelapis di skuat PSMS nantinya.  "Namun, saya akan melakukan seleksi dengan ketat agar kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan," kata Gurning yang merupakan mantan pemain PSMS era tahun 80-an.

Ia mengakui sudah banyak pemain dari daerah lain yang menyatakan siap bergabung dengan PSMS, namun ia menegaskan PSMS memprioritaskan pemain lokal atau pemain asal Sumut yang berkiprah di klub lain. 

"Saya harap tim nantinya bisa diperkuat minimal ada enam atau tujuh pemain pilar. Sebab misi kita memang tak mau lama-lama di Liga 2 dan segera PSMS kembali ke orbit Liga 1, mudah-mudahan pelatih dan manajemen bisa bergerak cepat mendapatkan pemain yang mumpuni," katanya. ***