Rabu, 23 October 2019

Wakil Wali Kota: Medan Rumah Semua Umat Beragama


#isvan, medan

Ratusan umat Hindu Kota Medan merayakan Navaratri 2019 di Shri Mariaman Kuil, Gang India, Jalan H M Said Medan, Kecamatan Medan Perjuangan, Selasa (8/10/2019) malam. Dalam kepercayaan Umat Hindu, Navaratri merupakan hari  atau lambang kemenangan bagi Dewi Chamundeswari karena telah berhasil melawan dan membunuh setan jahat Mahishasura. Untuk itulah, perayaan ini diperingati setiap tahunnya sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur.

Sebelum menuju Kuil, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi yang hadir bersamaan dengan Ketua DPRD Medan Hasyim terlebih dahulu disambut dengan iringan musik serta dipakaian kain khas Umat Hindu sebagai ucapan selamat datang. Selanjutnya, sesaat sebelum masuk ke dalam Kuil, seluruh tamu terlebih dahulu mencuci kaki untuk membersihkan diri. Selanjutnya, para tamu disuguhi Tarian Bardhenatio sebagai salam pembuka.

Perayaan Navaratri yang berlangsung khidmat dan meriah tersebut mendapat apresiasi dan sambutan baik dari Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi.   Dinilai Wakil Wali Kota, antusias dan semangat Umat Hindu dalam merayakan Navaratri menjadi wujud ketaatan sekaligus memberi warna bagi keragaman suku, agama dan budaya di Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis.

"Kami (Pemko Medan) mengaku bangga dan menaruh apresiasi tinggi pada perayaan Navaratri 2019 ini. Sebab, perayaan ini menjadi bentuk keragaman budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, hendaknya makna dari perayaan ini dapat dimaknai dengan seksama sehingga nilai baik yang terkandung dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Wakil Wali Kota. ***