Senin, 18 November 2019

Menyajikan LKPD Akuntabel dan Transparan Melalui Rakorda APK


#isvan, medan

Pemko Medan bersama pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota se-Sumatera Utara mengikuti Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (APK) Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Raja Inal, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Selasa (22/10/2019). Tujuan Rakorda ini digelar untuk memberi pemahaman serta meningkatkan kemampuan pemerintah daerah (Pemda) dalam mengelola dan menyusun laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) yang akuntabel dan transparan.

Mengangkat tema "Peningkatan Kualitas LKPD 2019 Melalui Optimalisasi Fungsi Pengelola Keuangan Daerah di Era Digital",  Rakorda dibuka langsung Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengelola Keuangan & Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Ahmad Sofyan hadir mewakili Pemko Medan. Selain itu, para Bupati dan Wali Kota bersama Kepala BPKAD se-Sumut juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan Rakorda ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi seluruh Pemda untuk meningkatkan pemahaman terkait sistematika dan aturan baku dalam menyusun LKPD. “Hal ini bertujuan agar Pemda dapat menyajikan LKPD yang memuaskan sehingga mampu mendapat opini wajar tanpa pengecualian (WTP),” katanya.

Rakorda yang dimulai  pukul 15.00 WIB ini diisi dengan pemaparan materi terkait akuntansi dan laporan keuangan yang disampaikan oleh narasumber yakni Wiwin Istanti selaku Direktur Akuntansi dan Keuangan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementrian Keuangan RI dan Tirta Sebayang selaku Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJPb Provinsi Sumut.

Kepala BPKAD Kota Medan Ahmad Sofyan mengatakan Pemko Medan mengapresiasi digelarnya Rakorda tersebut."Rakorda ini sangat membantu tugas Pemda dalam menyusun LKPD guna meminimalisir kesalahan dan kekeliruan. Dengan harapan nantinya, Pemko Medan dapat menyajikan LKPD dengan lebih baik,"katanya. ***