Selasa, 2 June 2020

Jelang Malam Takbiran Idulk Fithri 1441 Hijriah

Pemko Medan Dukung Rencana Penyekatan 110 Titik Ruas Jalan


#isvan, medan

Jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Polrestabes Medan menggelar Rapat Koordinasi Pengamanan Malam Takbiran Perayaan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang yang berlangsung di Ruang Rapat Rupatama Mapolrestabes Medan, Jalan HM Said Medan, Selasa (12/5/2020). Adapun agenda rapat yakni rencana penyekatan beberapa ruas jalan di Kota Medan dan Deli Serdang guna menghindari adanya pawai atau konvoi takbiran yang kerap dilakukan masyarakat  sehingga tidak menimbulkan keramaian.

Pelaksanan tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM hadir dalam rapat yang dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir diwakili Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji tersebut. Diharapkan pengamanan yang nanti dilakukan dapat meminimalisir keramaian warga terlebih di tengah kondisi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang melanda.

Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji mengatakan perlunya kesiapsiagaan dari semua unsur untuk mempersiapkan pengamanan jelang malam takbiran. Oleh karenanya, Wakapolrestabes berharap kerjasama  yang melibatkan unsur TNI, pemuka agama terutama pemerintah. "Kami menyadari bahwa Polri tidak bisa kerja sendiri. Tentu dibutuhkan bantuan dan dukungan dari kita semua. Mengingat, tantangan tugas kita saat ini lebih besar karena adanya wabah Covid-19. Namun, apa yang kita lakukan dasarnya adalah demi kepentingan masyarakat," kata Wakapolrestabes.

Terkait rencana tersebut, Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Naaution MSi diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM mengaku Pemko Medan mendukung penuh rencana penyekatan jalan tersebut. Hal ini juga bilangnya, sejalan dengan penegakan Perwal No.11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Medan.

"Pemko Medan mendukung penuh rencana penyekatan jalan jelang malam takbiran ini. Apalagi, masyarakat sudah terbiasa mengadakan konvoi dan pawai takbiran. Namun, kondisi saat ini berbeda. Kita tengah dihadapkan dengan wabah penyakit yang tidak terlihat dan bisa menjangkit siapa dan kapan saja. Maka hal ini penting agar penerapan social dan physical distancing benar-benar berjalan. Tujuan kita bersama adalah menghambat penyebaran Covid-19," kata Sekda. ***