Sabtu, 4 April 2020

Di Bawah Guyuran Hujan

Akhyar Lepas Kafilah Pawai Ta'aruf MTQ ke 53


#isvan, medan

Meski di bawah guyuran hujan deras,namun tidak menyurutkan semangat puluhan ribu kafilah untuk mengikuti pawai ta'aruf yang merupakan rangkaian pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an   (MTQ) ke 53 Tingkat Kota Medan tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/2/2020). Pawai ta'aruf dilepas Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi untuk menyemarakkan pembukaan MTQ ini sekaligus membangun silaturahmi antar kafilah dengan warga sekitar guna mendukung suksesnya festival pemuliaan kitab suci Al Quran.

Antusiasme masyarakat menyaksikan pawai ta'aruf cukup tinggi sambil memberikan tepuk tangan meriah setiap kali para kafilah dari 21 kecamatan di Kota Medan ini melintas di Jalan Ngumban Surbakti. Selain mengenakan batik Medan, para kafilah juga mengenakan baju adat dari semua etnis di Kota Medan sebagai bentuk kerukunan umat meski berbeda suku dan agama. Masing-masing barisan diisi marching band dan dipimpin langsung camat.

Pelepasan prosesi pawai taaruf diawali dengan marching band dan dilanjutkan pasukan Paskibraka dan pramuka yang membawa Bendera Merah Putih. Setelah itu dibuka dengan kontingen Kecamatan Medan Barat yang menjadi juara umum. Dalam pawai ta'aruf, Kecamatan Medan Barat membawa piala bergilir yang mereka raih di MTQ ke 52 Tahun 2019 yang berlangsung di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kecamatan Medan Marelan.

Pelepasan pawai ta'aruf dilakukan Plt Wali Kota didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM dan istri beserta unsur Forkopimda melambaikan tangan kepada setiap kafilah yang melintas di depan panggung utama.

"Alhamdulillah,meski di tengah hujan deras, pawai ta'aruf berjalan lancar. Selain sebagai rangkaian pembukaan MTQ, pawai ta'aruf ini juga menjadi wujud rangkuman keberagaman yang kita miliki. Tentu ini menjadi modal dan kekuatan bagi kita semua untuk bersama membawa dan membangun Kota Medan ke arah yang lebih baik," kata Akhyar. ***