Rabu, 26 February 2020

Akhyar Canangkan Lapangan Merdeka Kawasan Bebas Sampah dan Rokok


#isvan, medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi senam bersama seribuan warga di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (9/2/2020) pagi. Ini menjadi rangkaian kegiatan dalam car free day (CFD) pertama di tahun 2020.  Sejak pukul 06.00 WIB, warga tampak telah memadati area lapangan bersejarah tersebut.

Kehadiran Plt Wali Kota turut didampingi Plt Ketua TP PKK Kota Medan Ny Hj Nurul Khairani Akhyar Nasution. Selain itu, Sekda Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Ny Ismiralda Wirya Alrahman, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan juga ikut dalam senam bersama. 

Selain senam bersama, Plt Wali Kota juga sekaligus meresmikan lorong taman bunga yang berada tepat di jalan menuju Pendopo Lapangan Merdeka Medan. Lorong taman bunga ini merupakan inisiasi dari Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Kepamongprajaan (IKAPTK) Kota Medan. 

Adapun makna dari lorong taman bunga yang berbentuk hati ini menggambarkan kebersamaan keluarga besar IKAPTK Kota Medan dalam berpartisipasi dan berkontribusi membangun Kota Medan. Apalagi, lorong taman bunga tersebut berisi dari berbagi jenis bunga yang melambangkan Kota Medan sebagai kota multikultural yang humanis, berdaya saing, sejahtera dan religius.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon serta penanaman bibit pohon oleh Plt Wali Kota bersama Plt Ketua TP PKK Kota Medan. Di kesempatan ini juga, Plt Wali Kota mendeklarasikan 'Yok Bikin Cantik Medan' dimulai dari Lapangan Merdeka sebagai titik nol Kota Medan, yang dicanangkan sebagai lokasi pertama Kawasan Bebas Sampah dan Bebas Rokok sesuai Perda Kota Medan No 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan. 

"Hari ini kami mengajak seluruh warga untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta mewadahi sampahnya masing-masing agar tidak berserakan.  Sebab, kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah bersama unsur Forkopimda, tapi menjadi tanggungjawab kita semua," kata Wali Kota dihadapan seribuan warga yang hadir. ***