Kamis, 15 November 2018

YKI Asahan Sosialisasi Isu Kesehatan Terkini dan Tes IVA


#jaka, medan

Dalam rangka mengantisipasi dan mendeteksi secara dini penyakit kanker yang sangat berbahaya, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Asahan Hj. Winda Fitrika Gama Simatupang menghadiri acara sosialisasi isu kesehatan terkini dan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA), Rabu (31-10-2018) di Kecamatan Tinggi Raja Asahan.

Dalam sambutannya, Ketua YKI Asahan mengimbau kepada para kaum perempuan terutama ibu yang sudah pernah melahirkan agar lebih pro aktif dalam memeriksakan kesehatan ke Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat, karena dengan memeriksakan kesehatan secara rutin kita dapat mendeteksi dini penyakit.

Terkait dengan isu kesehatan terkini tentang kanker mulut, Winda mewanti-wanti kepada  Ibu-ibu agar lebih memperhatikan kesehatan mulut terutama bahaya pemakaian kawat gigi yg dipasang secara sembarangan tanpa pengawasan dari dokter spesialis dapat mengakibatkan timbulnya penyakit.

Menurut Ketua YKI itu, selain kanker mulut yang disebabkan pemasangan kawat gigi, ia juga mewanti-wanti bahayanya penyakit kanker Serviks yang menyerang mulut rahim terutama bagi kaum ibu yang pernah melahirkan anak.

Oleh karena itu, tujuan sosialisasi tersebut, dimaksudkan agar masyarakat Asahan terutama kaim ibu dan perempuan agar secara rutin memeriksakan kesehatan ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Hal ini dimaksudkan agar penyakit yang berbahaya itu dapat dideteksi secara dini dan mudah untuk mengobatinya.

Sementara, narasumber drg. Anneke menyampaikan cara mendeteksi, pencegahan dan pengobatan kanker yang sangat berbahaya termasuk kanker payudara yang tak terlepas bagi kaum perempuan.

Acara yang dirangkai dengan pemeriksaan tes IVA dan kanker payudara juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr. Aris Yufhariansjah, Camat Tinggi Raja Yasir dan TP PKK Tinggi Raja. ***