Rabu, 23 October 2019

SKPD dan Camat Beserta Jajaran Berikan Fasilitas ke Desa

Bursa Inovasi Desa Klaster Langkat Hulu Digelar


#boy, langkat

Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wabup H Syah Afandin, membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Langkat Hulu tahun 2019, ditandai dengan pemukulan Gong, di Jambur Serba Guna Jl.Binjai-Kuala Desa Tanjung Merahe, Kec. Selesai, Kab. Langkat, Kamis (10/10/2019). 

Bupati Langkat pada  bimbingannya, meminta kepada seluruh SKPD terkait dan Camat beserta seluruh jajarannya, untuk memberikan fasilitasi yang cukup kepada desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan program inovasi desa. Agar konstruksi desa menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera, sebagaimana yang di amanahkan dalam undang-undang desa, lekas tercapai.

Selain itu, kata Bupati, termasuk salah satu upaya pendukung terlaksananya inovasi Desa, yaitu terbentuknya forum Bumdes, maka diharapkan forum Bumdes di Langkat menjadi wadah kordinasi dan konsultasi  para pelaku Bumdes, saat mengembangkan usaha Bumdes di masing – masing Desa. “Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa, sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping DD dan ADD dalam menyelenggarakan pembangunan perdesaan,”terangnya.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan, kegiatan ini juga dapat menjadi  forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. 

Gunanya, mencari  solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan Dana Desa (DD)  maupun Anggaran Dana Desa (ADD) yang lebih efektif dan inovatif.