Kamis, 5 December 2019

Penyerahan BRS dan Pengukuhan Duta GebrakAsahan 2019


#jaka, asahan

Bupati Asahan H. Surya, B.Sc. menyerahkan sekaligus meresmikan Bantuan Rumah Sederhana (BRS) dan pengukuhan Duta Gerakan Berantas Kumuh (Gebrak) Kabupaten Asahan 2019, Kamis (10/10) di Jalan Langsat Lk. VIII Kelurahan Sentang  Kecamatan Kota Kisaran Timur.

H. Surya dalam sambutannya menyampaikan, dengan bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memperbaiki rumah sehingga nantinya dapat menempati rumah yang sehat dan layak huni.

Surya juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan  terus berupaya untuk mengentaskan kemiskinan di bidang perumahan tidak layak huni menjadi layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Bupati juga berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih sehat dan nyaman menggunakan berbagai sumber dana anggaran.

Tahun 2019, program Bantuan Rumah Swadaya yang bersumber dari DAK Kabupaten Asahan menerima Bantuan sebanyak 185 Unit yang tersebar di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Kota Kiasaran Barat dan Kota Kisaran Timur.

Dalam rangka melakukan percepatan penanganan  wilayah kumuh dan kawasan Permukiman Pemerintah Kabupaten Asahan juga melaksanakan Program Gerakan Berantas Kumuh (GEBRAK) sebagai langkah Konkrit untuk menyelesaikan permasalahan kumuh yang ada di Kabupaten Asahan  dengan melibatkan para steakholder yang peduli dengan penanganan permukiman kumuh dengan membentuk Duta Gebrak.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman  Kabupaten Asahan M. Azmi Ismail l, AP, M.Si dalam laporannya menyampaikan, bahwa Program Bantuan Swadaya bersumber dari Dana Alokasi Khusus tahun 2019  berupa Uang Sebesar Rp. 17.500.000/Unit yang pelaksanaannya dilakukan masing masing Kelompok dengan tenaga swadaya masing masing masyarakat penerima.

Untuk kawasan kumuh, Azmi menyampaikan, bahwa untuk Tahun 2019 Asahan dialokasikan pada wilayah kumuh  yang ada di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kecamatan Kota Kisaran Timur sesuai dengan Keputusan Bupati Asahan No. 146-BAPPEDA- Tahun 2017 tentang Penetapan Lokasi Perumahan Kumuh dan Pemukiman Kumuh di Kabupaten Asahan.kk

Turut hadir, Ketua TP. PKK  Asahan, OPD, Plt. Kepala Kantor BPN Kabupaten Asahan Supratman, SIP, Camat dan Lurah Kecamatan Kota Kisaran Timur dan masyarakat penerima bantuan. ***