Senin, 18 November 2019

Kontiner Parkir Disepanjang Jalan Sempit Dipelabuhan Perikanan


#hendrik-rompas, belawan

Masyarakat pengguna jalan di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan,  mengeluhkan banyaknya petikemas(container) yang di parkir sembarangan di badan jalan. Tak heran, pada jam-jam padat, jalan ini kerap terjadi macet.

Seorang pengguna jalan, Rahmat (59) mengeluhkan banyaknya petikemas milik perusahaan eksport import yang diparkir berjam-jam bahkan seharian untuk melakukan bongkar muat barang.

“Semua diparkir di badan jalan sehingga mengakibatkan jalan macet. Seharusnya pihak perusahaan menyediakan lahan untuk bongkar muat, bukan menggunakan badan jalan yang jelas merugikan hak orang lain,” keluh Rahmat, Senin (4/1120199) di Belawan.

Keluhkan ini sudah lama disampaikan warga pengguna jalan.  Apalagi, beberapa waktu lalu truk container menyenggol kabel listrik sehingga memutuskan jaringan di seputaran pelabuhan.

Oleh karena itu, warga berharap perhatian instansi terkait, termasuk Dinas Perikanan Sumut untuk tidak sembarangan memberikan rekomendasi ataupun izin kepada perusahaan importir yang tidak memiliki lahan parkir untuk melakukan bongkar muat barang, seperti PT Yasuriang Samudera Rezeki.

Ketika keluhan warga pengguna jalan dikonfirmasikan kepada Salim, selaku Kasi Sarana dan  Prasarana Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan tidak berhasil ditemui. Menurut sejumlah pegawai, Salim sedang tidak berada di tempat. ***

Foto truk kontiner parkir. (*)