Kamis, 15 November 2018

Jembatan Bepenyeberangan Bertahun Tidak Dipergunakan


#hendrik-rompas

Kondisi Stasiun Kereta Api Belawan sepi, karena tidak lagi melayani angkutan penumpang, sementara jembatan penyeberangan yang disediakan PT Pelindo 1 Cabang Belawan menuju Stasiun KA Belawan tidak pernah digunakan sudah 2 tahun.

Stasiun Kereta Api (KA) Belawan yang berada di Jalan Stasiun, tepatnya di depan pelabuhan penumpang kapal laut Bandar Deli Belawan, pada awal Januari 2017 sempat beroperasi untuk uji coba menampung penumpang kapal laut yang hendak melanjutkan perjalanan dengan KA ke Medan.

Untuk tahap awal, layanan KA Medan - Belawan -Medan itu beroperasi satu kali sepekan, atau saat kapal penumpang KM Kelud dari Pelabuhan Tanjung Priok tiba di Belawan. Ketika itu pihak PT KAI memprediksi, jika saja 30% dari total penumpang KM Kelud bisa diangkut KA, maka kursi KA yang disediakan PT KAI sebanyak 530 tempat duduk bisa terisi.

Harapan pihak PT KAI itu kini sirna. KA yang yang mengakut penumpang kapal laut sebagai bentuk sinergisitas kedua BUMN antara PT KAI dengan Pelindo 1 dalam pelayanan penumpang setop operasi. Uji coba hanya berlangsung beberapa pekan saja, setelah itu Satasiun KA Belawan kembali sepi.

Wakil Kepala Stasiun KA Belawan, Gusti yang ditemui wartawan ini Jumat (2/11/2018), mengatakan, tidak dilanjutkannya kembali angkutan KA Belawan - Medan atau sebaliknya, karena minimnya penumpang yang memanfaatkan angkutan KA.

"Waktu dilakukan uji coba, saya belum bertugas di sini, kabarnya penumpang sangat minim sekali, sehingga KA tidak lagi angkut penumpang," ujar Gusti.

Humas Pelabuhan Indonesia 1 Cabang Belawan Mufti Rahman mengatakan, untuk mendukung sinergisitas penumpang kapal laut yang hendak melanjutkan perjalanan dengan KA, pihak PT Pelindo 1 Cabang Pelabuhan Belawan sudah menyediakan fasilitas jembatan penyeberangan yang menghubungkan terminal penumpang kapal laut dengan Stasiun KA Belawan,namun para penumpang dari kapal KM Kelud yang tiba di Pelabuhan sepi. ***

Foto jembatan yang dibangun PT Pelindo l Cabang Belawan. ***