Kamis, 13 December 2018

Isi BBM ke Kapal Tanpa Alat Keamanan Harus Ditindak


#jack, medan

Sahbandar Utama Pelabuhan Belawan,Pranyoto mengatakan bahwa setiap pengisian dan pembongkaran BBM dari atas kapal maupun pemuatannya harus menggunakan alat pengamanan bila dilanggar akan ditindak sesuai Hukum.

Hal tersebut ditegas Sahbandar Utama Belawan untuk mengantisipasi bila terjadi kebakaran sewaktu memuat dan membongkar BBM dari dalam kapal maupun kemobil tangki di dalam Pelabuhan Belawan. Alat alat yang mesti disediakan antara lain mobil pemadam kebakaran,tabung racun api,goni dan ember. 

Bila alat alat tersebut tidak disediakan oleh perusahan kapal maka akan diambil tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini untuk menjaga bila terjadi kebakaran sewaktu membongkar dan memuat BBM dari kapal kapal mudah memadam api tersebut.

Namun himbauan dan peraturan ini tidak diindahkan oleh segenap perusahan di Belawan,contohnya pada kapal tongkang milik PT Pertamina yang sandar didermaga Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan saat memuat BBM ratusan ton yang diangkut mobil tanki dan memasukan BBM kedalam tongkangnya tidak ada alat pemadam yang disediakan oleh PT Pertamina.

Pengamatan wartawan ini di Pelabuhan Belawan,setiap ada kegiatan pengisian dan pembongkaran BBM keatss kapal maka datang kapal patroli KP 423 milik KPLP Belawan.Komandan kapal patroli bersama rekannya naik keatas kapal setelah menerima upeti kembali turun dan meninggalkan kapal tokang Pertamina yang sedang memuat BBM tetsebut.***

Foto Ilustrasi ***