Senin, 20 January 2020

Diduga Keracunan Makanan, 48 Warga Asahan Dirawat Medis


#jack, medan

Sebanyak 48 orang warga Dusun III, IV, V Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut dan warga Kelurahan Binjai Serbangan (Binser) Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan terpaksa dirujuk ke Puskesmas terdekat dan RSUD HAMS Kisaran untuk mendapat perawatan medis.

Mereka diduga keracunan makanan setelah menyantap nasi bancaan dari warga lainnya Pairun yang mengadakan syukuran atas kelahiran putranya.

Keterangan tersebut didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan melalui Siaran Pers-nya, Minggu (8/12/2019) di Kisaran.

Kabid Darlog BPBD Asahan Khaidir Sinaga, S.TP menyampaikan, sebanyak 48 orang warga Dusun 3, 4 dan 5 Desa Lubuk Palas Kecamatan Silau Laut warga Desa Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman keracunan makanan setelah menyantap nasi bancaan dari seorang warga Pairun yang mengadakan syukuran atas kelahiran putranya pada Jumat 6 Desember 2019 pukul 19.00 WIB.

Dia menjelaskan, mereka merasakan sakit perut, mual, pusing dan muntah-muntah beberapa jam kemudian setelah makan nasi hasil bancaan yang dibawa dari rumah Pairun.

Awalnya mereka tidak menyangka, bahwa rasa sakit yang dideritanya diakibatkan dari makanan yang disanrapnya. Tapi beberapa warga secara bersamaan hingga Sabtu 7 Desember 2019 tak kunjung baik.

Akhirnya salah seorang korban melaporkan kepada Kepala Desa yang diteruskannya kepada Camat Lubuk Palas dan Pemerintah Kabupaten Asahan serta Polsek Air Joman.

Pasca laporan melaui Asisten Ekbang sebagai Plt. Kepala BPBD Kabupaten Asahan membentuk tim terdiri dari BPBD, OPD, Satpol PP, Kadis P2KBP3A, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan dibantu Forkopimcam sekira pukul 17.48 WIB langsung melakukan identifikasi dan evakuasi korban ke Puskesmas terdekat dan RSUD HAMS Kisaran untuk mendapat perawatan.

Hasil identifikasi, sebanyak 48 warga yang berasal dari Desa Lubuk Palas dan Binjai Serbangan berhasil dievakuasi ke Puskesmas Lubuk Palas 3 orang, Puskesmas Binjai Serbangan 24 orang dan di RSUD HAMS Kisaran 21 orang. ***