Minggu, 8 December 2019

Belawan Dikepung Bangkai Babi dari Berbagai Arah


#hendrik-rompas, belawan

Kota Belawan merupakan pintu gerbangnya arus perekonomian Propinsi Sumatera melalui jalur laut.Tapi kini Pelabuhan Belawan sudah tercemar dari bangkai babi yang jumlah seratusan ekor. 

Bangkai babi babi tersebut mengepung kota Belawan dari berbagai arah sungai yang ada seperti sungai Deli dikawasan Kelurahan Belawan Bahari,sungai titi ll Kelurahan Sicanang, sungai Terjun perbatasan Kecamatan Medan Belawan di Lingkungan 18 hingga ke Lingkungan 20 Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan Medan Propinsi Sumatera Utara. 

Bangkai babi yang mengepung Kota Belawan itu datangnya dari Sungai Bederah Kecamatan Medan Marelan yang hanyut terbawa air laut menuju ke arah Sungai Terjun kemudian hanyut lagi kearah sungai Titi ll Kelurahan Sicanang dan hanyut lagi terbawa arus kelaut ke Pelabuhan Belawan kemudian masuk kesungai Deli dikawasan Kapung Kurnia Kecamatan Medan Belawan. 

Saat ini banyaknya bangkai babi yang diperkirakan seratusan ekor menyangkut di pinggir Sungai Terjun Kelurahan Sicanang di sungai Titi ll dan disungai Deli Kecamatan Medan Belawan dan hanyut lagi kelaut melintasi dermaga PLTU menuju ke Pelabuhan Belawan. 

Akibatnya di Kelurahan Belawan Sicanang puluhan Hektar petani tambak Udang, tambak ikan Nila yang tercemar bangkai babi dan mengakibatkan ikan dan Udangnya mati.Sementara sejumlah petani tambak dan anak anaknya kini terjangkit penyakit kulit dan tubuhnya gatal gatal.

Hal tersebut disampaikan oleh Suhendra (35) pemilik tambak seluas 10 hektar dikawasan Lingkungan 18 hingga Lingkungan 20. Suhendra yang yang menjabat sebagai Ketua Gakpotan dan Sekretaris LPM di Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan mewakili warga minta agar Dinas Kesehatan, Dinas Perternakan dan aparat terkait dapat turun langsung ke kawasan tersebut untuk melihat dari dekat bangkai babi yang berserak. 

Lurah Sicanang,Zulkipli dan Camat Medan,Ahmad SP saat dikonfirmasi wartawan ini dikantornya pada hari Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 10.00 wib tidak berada dikantornya.

Belawan, 12 Nopember 2019.***

Foto bangkai babi yang terapung disungai titi ll dan disungai Terjun. ((*)