Rabu, 24 October 2018

Banjir Mengancam, PU Binjai Bersihkan Drainase


#sabar, binjai
Pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Binjai, dalam hal ini Bidang Cipta Karya, berencana membersihkan drainase guna meminimalisir ancaman banjir.

“Kita masih memeriksa penyebab banjir di beberapa kelurahan yang ada di Kota Binjai,” tegas Kepala Bidang Cipta Karya PU Binjai, Rido Purnama ST di ruang kerjanya, Selasa (9/10/2018).

Ia mengemukakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan genangan air di pemukiman warga, yakni drainase dipenuhi sampah, rumah warga lebih rendah dari drainase dan saluran pembuangan (parit besar) tersumbat. “Untuk dranase yang dipenuhi sampah, akan kami upayakan untuk ditindak lanjuti. Untuk parit di sepanjang Jalan T Amir Hamzah, kami koordinasikan ke kantor Balai karena itu tanggungjawab mereka," sebutnya.

Mengingat banyaknya sampah di drainase, Rido mengimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap drainase disekitarnya. “Tidak mungkin semua drainase itu dapat kami jaga dari sampah. Kalau tidak peran kita bersama, tentunya drainase akan terus tersumbat," ujarnya.

Ia berharap, masyarakat tidak membuang sampah ke drainase. Selain itu, partisipasi masyarakat untuk melakukan gotong-royong membersihkan drainase di wilayah masing-masing sangat dibutuhkan. “Hujan yang turun lebih dari dua jam dan drainase tidak dalam keadan baik, pasti akan menggenangi wilayah pemukiman warga," tuturnya.

Sekadar mengingatkan, sejumlah kelurahan di Kota Binjai, seperti Jalan Teratai Kelurahan Pahlawan, Jalan AR Hakim Kelurahan Sumber Muliorejo Kecamatan Binjai Timur, dan Jalan Gaharu kecamatan Binjai Utara terendam air saat hujan berlangsung selama beberapa jam.***

Teks Foto: Kabid Cipta Karya Dinas PU Binjai, Rido Purnama ST saat memberikan keterangan di ruang kerjanya, Selasa (9/10/2018). Foto Sabar Simanjuntak