Selasa, 21 November 2017

Seludupkan Ratusan Ekor Trenggiling ke Luar Negeri

WFQR Lanal Riau-Armabar Amankan kapal Ikan


#hendrik-rompas

Tim WFQR 1.6 Lanal Dumai dibantu dengan Tim WFQR Armabar berhasil menangkap kapal ikan bermuatan Trenggiling sebanyak 101 ekor yang akan diseludupkan ke Malaysia.Untuk pengusutan kapal bersama muatan dan AND kapal digiring ke Pangkalan TNI AL Dumai.

Menurut keterang Pabanpen TNI AL Lantamal l Belawan Mayor Sahala Sinaga,bahwa kapal bermuata Trenggiling tersebut yang akan diseludup kan ke Malaysia sebanyak 101 ekor yang masih hidup ditangkap dikawasan perairan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau dan beratnya sekitar 500 klg.

Kapal ditangkap pada Selasa (24/10/2017) sekitar pukul 17.30 wib bersama 2 orang sebagai pengantarnya masing masing Awis (25) dan Barry (22) keduanya warga Selat Baru Sungai Liung Kabupaten Bengkalis Propinsi Riaw saat ini sedang diperiksa petugas Lanal Dumai.

Penangkapan kapal bermuatan Trenggiling binatang langka dan dilindungi ini berkat adanya inpormasi dari masyarakat setempat yang mengatakan bahwa ada kapal nelayan yang bermuatan Trenggiling akan berangkat ke Malaysia. Menindak lanjuti inpormasi tersebut Komandan Pangkalan TNI AL Dumai  (E) Yose Aldino mengatakan bahwa penangkapan Trenggiling tersebut berkat adanya inpirmasi dari masyarakat yang telah bekerja sama dengan TNI AL Dumai.

Kedua tersangkanya akan kita jerat sesuai Undang Undang nomor 5 tahun 1990 tentang perdagangan ilegal hewan yang dilindungi dan akan diseludupkan ke Malaysia.Kedua pelakunya Duncan hukuman selama 5 tahun penjara dan membayar senda  sebanyak Rp 100.000 juta rupiah. Kemudia ke 101 Trenggiling tangkapan tersebut diserahkan ke 
KSDA(Konserpasi Sumber Daya Alam) kemudian akan dilepaskan kehabitanya kembali.***

Foto Trenggiling hasil tangkapan.