Minggu, 19 May 2019

Pembobol Rumah Ketangkap di Parkiran Hotel


#david, siantar
Niat Arideo Zulkarnaen Alkautsar Napitupuluh alias Zul untuk membayar utang gagal setelah dibekuk sejumlah personil Polsek Bangun, Simalungun di halaman parkir salah satu hotel kawasan Simpang Rami Siantar, Jumat (27/7/2018) sekira pukul 23.00 WIB.

Pasalnya, uang yang akan digunakan untuk membayar utang berasal dari hasil kejahatan. Zul dilaporkan korbannya, Maristiwa Siahaan (48), warga jalan Hati Rongga No 4 Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun yang mengaku rumahnya kebobolan pada hari yang sama sekira pukul 11.30 WIB.

Dalam laporannya, Maristiwa mengaku kaget saat melihat pintu samping rumahnya terbuka usai mengajar. Tak hanya itu, pintu belakang juga dalam kondisi rusak karena dibuka paksa. Setelah diteliti, ternyata sejumlah barang berharga dirumahnya yang disimpan di koper merek presiden telah hilang. Ia juga melihat barang bukti berupa satu batang besi, tang dan kunci inggris tergeletak di lantai dapur rumah.

Sontak, Maristiwa melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Bangun di kawasan Jalan Asahan Km 17 Kecamatan Gunung Malela, Simalungun. Sejumlah pesonil Satreskrim, dipimpin langsung Kapolsek, AKP Putra Jani Purba didampingi Kanit Reskrim, Ipda Ivan Siregar segera ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelidikan.

Salah seorang tetangga korban melihat sepeda motor Yamaha Jupiter MK 135 hitam BK 6964 TAT yang diduga milik pelaku berada di lokasi kejadian. Informasi berharga itu segera ditindaklanjuti pihak kepolisian dengan mencari nama pemilik kendaraan tersebut. Hasilnya tidak sia-sia. Sejumlah warga melihat kendaraan dimaksud kerap melintas di kawasan Jalan Hati Rongga Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar. Bahkan, aparat kepolisian juga menemukan pemiliknya, seorang warga kawasan Jalan Pesantren Darusalam Kecamatan Siantar Martoba, Siantar.

Hanya saja, pelaku tidak berada di rumah. Menurut keterangan istri pelaku, suaminya baru keluar menuju salah satu hotel bertemu dengan seorang temannya untuk membayar utang. Tanpa menunggu waktu lama, sejumlah personil telah berada di parkiran hotel tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap setiap kendaraan yang parkir dan menemukan Jupiter MX hitam dengan plat sesuai target.

Berselang beberapa menit kemudian, pelaku disergap saat hendak mengambil sepeda motornya. Di saku pelaku, ditemukan sejumlah barang bukti perhiasan emas, yakni kalung emas 20 gram, kalung emas 5 gram, kalung emas 3 gram, kalung emas 2 gram dan 1/2 gram, gelang emas seberat 5 gram, dan 3 gram, cincin emas 2 buah seberat 1/2 gram, liontin emas berbentuk manusia seberat 5 gram, kerabu (anting) bentuk lingkaran 5 gram, 2 buah gelang berlian, 1 buah rantai berlian, 1 buah cincin berlian. Aparat kepolisian juga menggelandang Zul ke rumahnya untuk mencari barang bukti lain. Dari rumah pelaku, disita perhiasaan, handphone dan speaker. ***