Kamis, 22 August 2019

Menghina Nabi Muhammad SAW di FB,

Oknum Polisi Diancam 6 Tahun Penjara


#azry, asahan :

Oknum polisi Polres Asahan SP resmi ditetapkan sebagai tersangka terkait postingannya yang mengandung penistaan agama di jejaring sosial Facebook.SP ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Asahan setelah pemeriksaan saksi-saksi yang terdiri dari Ahli Bahasa dan Ahli Agama.

Sebelumnya tersangka coba mengelak dengan mengatakan Facebook nya di retas orang lain."Menurut pengakuan tersangka, akun Facebooknya diretas orang lain,tapi setelah kita introgasi tersangka mengakui postingan tersebut adalah perbuatannya,"kata Wakapolres Asahan Kompol B Panjaitan saat pres release di Mapolres Asahan, Kisaran, Jumat (31/8/2018).

SP dijerat dengan Pasal 45a ayat (2) Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik junto Pasal 28 (2) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 16 junto Pasal 4 huruf B angka (1) UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis subsidair Pasal 156a KUHP dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara.

Sesuai dengan keterangan tersangka, ungkap Wakapolres, bawa postingan tersebut diunggah tersangka setelah membuka laman Facebook. Saat itu, tersangka ada membaca postingan dengan kata-kata yang menghina Jesus dan Bunda Maria.

"Menurut pengakuan tersangka, postingan di akun Facebooknya itu untuk membalas postingan status yang menghina Jesus dan Bunda Maria. Ternyata status, terunggah di dinding akun Facebook pribadinya.

SP ditetapkan sebagai tersangka setelah memeriksa saksi-saksi yang terdiri dari Ahli Bahasa dan Ahli Agama. memosting status yang menyebutkan "Nabi Muhammad Sumbing dan Tukang Kawini Istri Orang" di dalam akun Facebook pribadinya, Selasa (21/8/2018).

Beberapa menit kemudian, Tersangka menghapus status yang dinilai bernada sara itu. Selanjutnya, tersangka memosting satus permohonan maaf dengan alasan bahwa akun facebook-nya dibajak orang lain. ***

Ket foto : Wakapolres Asahan Kompol B Panjaitan dan personil Polres Asahan saat pres release di Mapolres Asahan. ***