Kamis, 22 August 2019

Lima Sindikat Peredaran Narkotika "Digulung" Polres Asahan


#jaka, asahan

Satuan Reserse Narkotika dan bahan berbahaya (Satres Narkoba) Polres Asahan berhasil menangkap dan mengaman (mengggulung) 5 sindikat pengedar Narkotika beserta barang bukti diduga Narkotika sebanyak 33, 28 gram di wilayah Asahan atas dan ke-5 orang tersebut langsung dijadikan sebagai tersangka.

Hal itu, disampaikan Kapolres Asahan AKBP Yemi Mandagi, S.I.K. melalui Kasat Narkoba AKP Wilson Siregar, S.H., kepada Wartawan, Rabu (18-7-2018) di kantornya Jalan A. Yani Kisaran.

Ke-5 tersangka masing-masing, 

Riki Riahdo Purba (28) warga Dusun 4 Desa Rahuning Kecamatan Bandar Pulo Raja, Syahrizal Sitorus (32) warga Dusun 4 Desa Pulo Raja Tua Kecamatan Kecamaran Pulo Rakyat, Murni Siregar (31) Dusun 4 Desa Pulo Rakyat Pekan Kecamatan Pulo Rakyat, Muhammad Fadlan (34) warga Dusun 6 Desa Pulo Raja Pekan Kecamatan Pulo Rakyat dan Amru Faisal (32) warga Dusin 1 Desa Orika Kecamatan Pulo Rakyat.

Wilson mengatakan, ke-5 tersangka ditangkap pada waktu dan tempat yang berbeda yang merupakan hasil pengembangan tim Opsnal.Satres Narkoba Polres Asahan.

Wilson juga menyampaikan kronologis penangkap 5 sindikat tersebut bermula dari Hari Senin tanggal 16 juli 2018 pukul 15.00 Wib dari hasil lidik Tim Opsnal Sat Res Narkoba Polres Asahan secara berturut menangkap seorang laki-laki bernama Riki Riahdo Purba yang akan melakukan transaksi di perkebunan kelapa sawit PTP IV Pulo Raja dan disita barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 2 plastik klip. Dan setelah di interogasi dia mengaku, bahwa dia memperoleh sabu trrsebut dari Syahrizal Sitorus.

Selanjutnya dilakukan pengejaran dan berhasil menangkap Syahrizal Sitorus di perkuburan Krenseng Pulo Rakyat Tua. Setelah diinterogasi dia mengaku, bahwa dia memperoleh sabu tersebut dari Murni Siregar dan selanjutnya dillakukan pengejaran dan berhasil menangkap Murni Siregar di daerah Desa Mekar Sari Kecamatan Pulo Rakyat. Setelah diinterogasi dia mengaku sabu tersebut didapat dari Muhammad Fadlan selanjutnya dilakukan pengejaran dan berhasil menangkapnya di depan Rumahnya bersama Amri Faisal di daerah Dusun 6 Desa Pulo Rakyat Pekan Kecamatan Pulo Rakyat.

Dari hasil interogasi diketahui, bahwa  narkotika jenis sabu tersebut adalah benar milik tersangka Muhammad Fadlan yang diperoleh dengan memesan dari seorang laki-laki dgn inisial ML yg beralamat Pulau Maria Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Asahan.

"Tim saat ini masih melakukan pengejaran terhadap ML dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO)," sebut Wilson.

Masih menurut Kasat Narkoba Polres Asahan, selain menahan dan mengamankan ke-5 tersangka, pihaknya juga menyita 33, 28 gram sabu, 14 plastik klip, 3 unit Hand Pjhone merk Samsung, 2 buah pipet skope dan 1 timbangan elektrik. "Saat ini ke-5 tersangka berikut barang bukti diamankan di Mapolres Asahan guna penyelidikan dan penyidikan serta proses hukum lanjutan," kata Wilson mengakhiri. ***