Jumat, 24 May 2019

Buntut Kasus Suap Gatot Pujonugroho di DPRD Sumut

Sonny Firdaus Masuk Antrian Ditahanan KPK


#jack, medan

Setelah ditetapkannya 38 tersangka baru bagi anggota DPRD Sumut, kini antrian itu masuk dari Fraksi Gerindra Sonny Firdaus ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai menjalani pemeriksaan hari ini, Kamis (5/7/2018). Sonny hadir memenuhi panggilan pemeriksaan dalam kapasitas sebagai tersangka.

Sesuai urutannya KPK memanggil 3 orang mantan anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 yang tersandung kasus tersebut. Namun dua lainnya yakni Helmiati dan Muslim Simbolon tidak hadir.

"Hari ini diagendakan pemeriksaan terhadap tiga tersangka anggota DPRD Sumut, yaitu HEI, MSI dan SF. Dari tiga orang tersebut, yang datang sejauh ini satu orang datang dan diperiksa sejak pagi, yaitu SF," katanya melalui pesan tertulis.

Menurut Febri, Sonny akan menjalani penahanan hingga 20 hari kedepan di Rutan Klas 1 Jakarta Timur Cabang KPK. Sedangkan untuk Helmiati dan Muslim akan dilayangkan panggilan kedua.

"Kami ingatkan agar para tersangka kooperatif dan memenuhi kewajiban hukum untuk hadir di panggilan KPK," ujarnya.

Sonny Firdaus merupakan mantan Anggota DPRD Sumut Periode 2009-2014 dan terpilih kembali untuk periode 2014-2019. Saat kasus suap tersebut terjadi, Sonny merupakan anggota DPRD Sumut dari Partai PIB. Pada periode 2014-2019 ia kembali terpilih namun dari Partai Gerindra.

Sonny Firdaus menjadi orang ke 5 dari 38 orang tersangka baru yang ditahan KPK. Empat orang sebelumnya yakni Fadly Nursal, Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi. ***