Selasa, 21 November 2017

Pembongkaran Pagar Beton di Binjai Tidak Bebankan APBD


# lia, binjai

Ketua Komisi B DPRD Binjai Jonita Agina Bangun mengatakan pembongkaran paksa yang dilakukan Pemko Binjai terhadap bangunan pagar beton  yang telah memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan ) di Jalan Sukarno-Hatta, Kelurahan Timbang Langkat, Binjai Timur  pada Juli 2017 lalu, agar tidak membebani APBD Kota Binjai.

Sebagai wakil rakyat, kita tidak terima kalau pembongkaran bangunan dan biaya pengacara terkait kebijkan Pemko Binjai yang dinilainya  melanggar prosedur, ditampung dalam APBD Kota Binjai. Kalaupun dipaksakan dianggarkan dalam APBD, sudah jelas akan terjadi perbuatan tindak pidana.

Hal itu disampaikan Jonita melalui telpon seluler dari Jakarta saat kunjungan kerja ke Departemen Kesehatan RI, Selasa (14 /11/2017), menanggapi gugatan masyarakat yang sedang diproses di PN Binjai.

Dikatakan Jonita, untuk memperjelas status kepemilikan lahan atas sengketa antara Pemko Binjai dengan Hartono Rusli (masyarakat), diharapkan ketua DPRD Binjai untuk memperluas Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mengikutsertakan seluruh anggota DPRD Binjai dan mengundang kedua belah pihak. Apabila Pemko Binjai melakukan kesalahan dalam pembongkaran pagar beton tersebut, diharapkan pihak pengadilan  berlaku fair dan transparan memutuskan perkara itu tanpa tebang pilih. Begitu juga sebaliknya, seandainya, kepemilikan lahan yang dikuasai oleh masyarakat tidak sah, maka majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut juga harus memberikan keputusan hukumnya, ujar Jonita Bangun.   

Sementara itu, Koalisai LSM kota Binjai Samsudin Damanik yang didampingi Mhd.Jaspen Pardede mengaku pihaknya juga sudah meminta kepada ketua DPRD Binjai soal notulen rapat dengan pendapat (RDP) yang dilaksanakan komisi A DPRD Binjai bersama instansi terkait pada tanggal 6 November 2017 lalu. Bahkan pihaknya sudah meminta agar DPRD Binjai segera membentuk Pansus terhadap pelanggaran Perda yang dilakukan Pemko Binjai, ujar Samsudin Damanik.

“Jika pihak DPRD tidak mengakomodir aspirasi warga kota Binjai,pihaknya juga akan melayangkan surat resmi kepada pimpinan partai masing-masing anggota DPRD kota Binjai, jika pansus tidak segera di bentuk, “tegas kedua pentolan LSM di Kota Binjai ini. ***

Foto : Pembongkaran Pagar Beton di lahan Eks PTPN II oleh Pemko Binjai beberapa waktu lalu