Rabu, 17 July 2019

Langgar UU Pelayaran,

Lantamal I Belawan Amankan Kapal Berbendera Hongkong


# rijam, medan

Pangakalan Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan amankan kapal ikan MV Cheung Kam Wong, Cheung Lai Chun berbendera Hongkong yang dinahkodai Xu Xiang Zhu, Sabtu, (5/11/2016).
Informasi yang diterima dari pihak Lantanamal I Belawan menyebutkan semua kelengkapan terkait dokumen kapal dan para Anak Buah Kapal (ABK) lengkap. Namun kapal yang ditahan dan tengah dilakukan pemeriksaan tersebut melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang - undang pelayaran.

"Sesuai dengan Undang - undang No. 34 tentang pelayaran tidak disebutkannya Belawan sebagai Pelabuhan tujuan pada Port Clearance kapal. Sehingga diduga kapal tidak dilengkapi dengan dokumen kapal untuk berlayar ke Indonesia," kata Danlantamal I Belawan Laksamana TNI Robeth Wolter Tampangan SH. 

Lanjut dijelaskan Wolter, Sesuai Permen KP No.49/2014 pasal 54 ayat 2 dan 3 yang berbunyi: diwajibkan setiap kapal pengangkut ikan harus memiliki SIKPI, SLO dan SPB yang Asli. "Kapal berbendera Hongkong itu tidak memilikinya," jelas Danlantamal.
Pantauan di Lantanamal, setelah dilaksanakan pemeriksaan ,karena terkendala Cuaca dan Bahasa karena ABK tidak ada yang bisa berbahasa Inggris dan Indonesia, kapal dilegokan di sekitar alur Belawan. Disandarkan di Dermaga Lantamal I badan ke dua Lambung kanan KRI PTS 384. Sementara surat- surat kapal ditahan di atas KAL TRU. 

Photo ; Kapal Berbendera Hongkong Disandarkan di Dermaga Lantamal I Belawan.