Kamis, 15 November 2018

Kembali 9 Papan Reklame di Medan Dirubuhkan


#rafra, medan

Tim Gabungan Pemko Medan terus gencar menumbangkan papan reklame bermasalah di Kota Medan. Meski sudah sekitar seribu papan reklame bermasalah dibongkar, tim gabungan tetap terus saja membidik  papan reklame bermasalah yang akan menjadi fokus pembongkaran berikutnya. Kali ini giliran sebanyak 9 unit papan reklame bermasalah  di Jalan Hm Yamin dan Jalan Perintis Kemerdekaan yang dibongkar, Senin (5/11) malam.

Kali ini pembongkaran dilakukan lebih cepat,  tim gabungan yang dikoordinir Satpol PP  mulai bergerak sekitar pukul 20.00 WIB. Sebanyak 49 personel diturunkan guna mendukung pembongkaran dengan perincian 15  orang petugas Satpol PP, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu  Pintu  ( 5 orang), Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (5 orang),  Kecamatan Medan Timur (20 orang) serta Polsek Medan Timur dan Koramil Medan Timur (4 orang).

Menurut Sekretaris Satpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap, pembongkaran dilakukan karena kesembilan papan reklame itu didirikan tanpa izin. “Begitu pun kita tidak langsung main bongkar, pemilik reklame telah kita surati dan peringati agar membongkar sendiri papan reklamenya atas pelanggaran yang telah dilakukan. Namun itu tidak dilakukan, makanya malam ini kita turun melakukan pembongkaran,” kata Rakhmat.

Mantan Camat Medan Petisah itu menambahkan, pembongkaran papan reklame bermasalah telah menjadi fokus utama yang harus dituntaskan sesuai instruksi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.  Oleh karenanya, tegas Rakhmat,  tim gabungan akan membongkar seluruh papan reklame bermasalah di Kota Medan.

“Intinya Pemko Medan tidak mentolerir lagi keberadaan papan reklame bermasalah di Kota Medan. Seluruh papan reklame pasti dibongkar tanpa pilih kasih, pokoknya tinggal menunggu giliran saja.  Lantaran keterbatasan personel dan peralatan, pembongkaran kita lakukan secara bertahap hingga Medan Rumah Kita bersih dari papan reklame bermasalah,” tegasnya.

Dua unit mobil crane diturunkan beserta peralatan mesin las guna mendukung kelancaran pembongkaran. Tanpa kesulitan  satu persatu papan reklame bermasalah berhasil ditumbangkan tim gabungan. Tanpa kenal lelah, tim gabungan melakukan pembongkaran hingga Selasa (6/11) sekitar 07.30 WIB, tercacat sebanyak 9 papan reklame bermasalah berhasil ditumbangkan.

Guna mempermudah mengangkut material papan reklame, tim gabungan selanjutnya ‘mencincangnya’ menjadi beberapa bagian.  Di samping itu tiang utama tempat berdirinya papan reklame juga diratakan untuk mencegah pemilik advertising kembali mendirikan di lokasi semula. Setelah itu seluruh material hasil pembongkaran dibawa menuju Lapangan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata. ***

TEKS FOTO: Petugas dari Tim Gabungan Pemko Medan sedang merobohkan 9 unit papan reklame bermasalah  di Jalan Hm Yamin dan Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Senin (5/11) dini hari.***