Rabu, 20 March 2019

Kejari Periksa Kadis Pariwisata Binjai

Dijamin Walikota Tersangka Korupsi Dana PAP Tidak Ditahan Kejari


# lia, binjai

Tersangka kasus dugaan korupsi dana Pengadaan Alat Peraga (PAP) tahun 2011 di Dinas Pendidikan kota Binjai, Ismail Ginting saat ini memang tidak ditahan pihak Kejaksaan Negeri Binjai.Pasalnya menurut sumber yang berkompeten di Kejari Binjai kepada wartawan Selasa (12/3), mengatakan pihak penegak hukum di kejaksaan Binjai memang tidak menahan Ismail Ginting, karena Walikota Binjai bermohon kepada Kajari Binjai agar tidak menahannya. Namun kasus ini tetap bergulir di Pengadilan Tipikor Medan. Saat ini tersangka sudah disidangkan sebagai saksi, ujar sumber dikejaksaan yang tidak mau disebutkan namanya.

Sedangkan Kadis Pariwisata kota Binjai Sundari Mukramah telah disurati Kejari Binjai untuk dimintai keterangannya selaku Kadis Pariwisata dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap 4 paket pengadaan barang dan jasa pada Dinas Pariwisata kota Binjai yang bersumber dari APBD tahun 2017.

Dikatakan orang penting di Kejaksaan Negeri Binjai ini, kalau pihaknya memang telah memeriksa Kadis Pariwisata Kota Binjai untuk dimintai keterangannya, karena adanya pengaduan dari salah satu LSM di Binjai.

Namun ini masih tahap penyelidikan, dan sebatas konfirmasi saja di Kejaksaan, ujar pejabat di Kejari Binjai ini.

Salah seorang anggota DPR RI yang tidak mau ditulis namanya ketika dimintai tanggapannya Selasa (12/3) kemarin, terkait tidak ditahannya tersangka IG dalam kasus DAK Disdik Binjai, mengatakan, dengan tidak ditahannya tersangka Ismail Ginting oleh Kejaksaan Negeri Binjai, merupakan hal yang sangat aneh dan apakah ini akan berlaku kepada tersangka lainya,ujarnya dengan nada heran.

Ditempat terpisah, Direktur Eksekutif LSM For Peoples Syamsudin Damanik dalam menanggapi tidak ditahannya Ismail Ginting oleh Kejari Negeri Binjai, menjadi gunjingan sejumlah elemen masyarakat.Karena sebelumnya di Pemko Binjai sudah dilakukan Penandatanganan Fakta Integritas Zona Bebas Korupsi yang juga diketahui Walikota Binjai HM Idaham.

Kita merasa miris dengan bermohonnya Walikota kepada Kejari Binjai agar tersangka Ismail Ginting untuk tidak ditahan. Ini menjadi preseden buruk dalam penegakan hukum di kota Binjai yang bertipe kota kecil.Ada apa dalam kasus ini, sehingga bisa - bisanya petinggi di Pemko Binjai memberi perlindungan kepada bawahanya agar tidak ditahan.Sedangkan tersangka lain dalam kasus yang sama ditahan. "Jadi untuk apa ditanda tangani fakta intergritas zona bebas korupsi di pemerintahan kota Binjai kalau masih melindungi oknum yang dinyatakan sudah jadi tersangka oleh jaksa," ungkap Syamsudin Damanik.

Sebelumnya, Kajari Binjai Victor Antonius Sidabutar, ketika didesak SIB beberapa waktu, alasan belum ditahannya Ismail Ginting yang berstatus tersangka. Kajari Binjai langsung mengaku sudah ada permohonan dan jaminan dari Walikota dan Sekda Binjai.***

Foto : Kantor Dinas Pendidikan Kota Binjai. ***