Sabtu, 15 December 2018

Bea Cukai Bakar Rokok Ilegal Senilai Rp 154 Juta


#hendrik-rompas

Petugas Bea dan Cukai Propinsi Sumatera Utara memusnahkan rokok Ilegal senilai Rp 154 juta rupiah bertempat didermaga BC Jalan Karo Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan, Kamis sore (06/12/2018).

Pemusnahan rokok Ilegal tersebut tampa dihadiri oleh Kanwil DJBC Sumatera Utara Oza Olavia maupun para pejabat dari Kejaksaan dan hanya disaksikan oleh petugas dari Mapoldasu saja.

Rokok Ilegal yang dimusnahkan dengan cara dibakar didalam drum ini hasil penindakan Kepabeanan Bea Cukai bersama petugas Kepolisian beberapa bulan yang lalu di Wilayah Propinsi Sumatera Utara.

Barang yang dimusnahkan tersebut barang milik Negara (BMN) ini telah mendapat persetujuan pemusnahan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

Rokok Ilegal yang dimusnahkan antara lain 4600 batang merek JJ Mild,144.000 batang rokok merek Mahkota dan 160.000 rokok merek Bunga Cakra yang diperkirakan senilai Rp 154 juta 300 ribu rupiah dengan potensi kerugian Negara sekitar Rp 114 juta rupiah dari Cukai.

Mewakili Kanwil DJBC Sumatera Utara,Pobi Tri S mengatakan bahwa barang berupa rokok Ilegal tersebut hasil penindakan petugas Bea dan Cukai Sumatera Utara yang dilekati pita cukai palsu yang ditangkap dari kawasan Sumatera Utara.

Propinsi Sumatera Utara termasuk salah satu wilayah yang rawan peredaran barang kena cukai Ilegal seperti rokok roko tersebut.Kantor Wilayah beserta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai bersergi dengan aparat Penegak Hukum lainnya TNI,Kepolisian,Kejaksaan/Pengadilan berkomitmen untuk melakukan penertiban terhadap peredaran barang kena cukai Ilegal di wilayah Sumatera Utara. ***

Foto rokok ilegal yang dimusnahkan. (*)