Sabtu, 20 October 2018

Antisipasi Bentrok Antar Nelayan

Patroli Rutin Polairud di Perairan Belawan


#hendrik-rompas

Mengantisipasi bentrok antara nelayan tradisionil dan nelayan moderen Detasemen Polairud Polda Sumatera Utara berpatroli secara rutin di perairan Belawan dan sekitarnya menggunakan kapal pada Jumaat (05/10/2018).

Menurut Wadir Polairud AKBP Drs Untung Sangaji bahwa patroli ini untuk mencegah bentroknya nelayan tradisionil dengan nelayan moderen.Sebelumnya kami ada menerima informasi adanya nelayan tradisionil yang akan melakukan sweping dilaut,menindak lanjuti info tersebut maka kami melakukan patroli dan menghimbau kepada para nelayan tradisionil agar tidak melakukan sweping diperairan Belawan.

Sebelumnya kami ada menangkap 1 kapal ikan KM Buana l yang menggunakan jaring Trawl yang dilarang pemerintah melalui Permen 71.Kapal tersebut ditangkap diperairan Belawan bersama 4 orang ABK (Anak Buah Kapal) dan barang bukti yang disita 1 kapalikan,jaring dan ikan yang jumlahnya sedikit.

Kasubdit  Gakkum Polairud Polda Sumatera Utara AKBP Nagari Siaahan menjelaskan untuk saat ini kapal ikan yang kami tangkap sudah sebanyak 16 unit sedangkan para ABK kapalnya sedang diproses untuk diajukan kepengadilan.

Para ABK kapal tersebut melanggar pasal 84 Subs 85 UU RI No. 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU No.31 tahun 2004 tentang perikanan.***

Foto Wadir Polairud saat patroli dan kapal tangkapan. ***