Rabu, 19 June 2019

Akibat “Memeras” Warga Mengurus Surat-surat

Warga Belawan Minta Walikota Copot Lurah Belawan I


#hendrik-rompas, belawan

Seharusnya Lurah Lurah di Kota Medan membantu segala keperluan surat menyurat yang diperlukan warganya tapi ini beda, Lurah Belawan l Kecamatan Medan Belawan ini malahan melakukan pemerasan kepada warganya setiap mengurus surat suratnya.

Seperti yang dikatakan Ayu (26)warga Lorong Kesenian Lingkungan 18 Jalan Stasiun Kelurahan Belawan l Kecamatan Medan Belawan ini saat mengurus surat NA miliknya dimintai uang oleh Lurahnya, Siti Maryam.S.Sos sebanyak Rp 200 ribu rupiah.

Bukan hanya si Ayu saja, tapi warga lainnya seperti si Heti warga yang sama saat mengurus surat NA juga dipaksa membayar uang sebesar Rp 200 ribu rupiah.

Lain halnya yang dialami oleh Saut Situmorang (35) saat mengurus surat kematian orang tuanya untuk keperluan mengurus surat pensiun orangnya dipaksa membayar Rp 500 ribu rupiah.Permintaan tersebut terpaksa saya penuhi jika tidak saya penuhi maka surat kematian orang tua saya tidak dikeluarkan oleh Lurah Belawan l.

Lurah Belawan l Kecamatan Medan Belawan,Siti Maryam.S.Sos saat dikonpirmasi wartawan ini pada Selasa 7 Desember 2019 siang dikantornya membenarkan bahwa uang yang dimintanya untuk keperluan membeli buku atau blanko yang sudah habis. Namun bila uang yang dia terima itu menjadi polemik, maka uang tersebut akan dikembalikan kepada yang bersangkutan.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Medan Belawan, Abdul Rahman pada Selasa 8 Januari 2019 pagi ada menerima pengaduan dari anggotanya,yang mengatakan bahwa saat mengurus surat suratnya kantor Lurah Belawan l dipersulit dan tidak mau ribet maka harus memberikan uang teken kepada lurahnya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Ketua Karang Taruna Kecamatan Medan Belawan ini kepada kepada Walikota Medan dan Camat Medan Belawan untuk segera memecat dan mencopot Lurah Belawan l tersebut yang kami nilai telah melakukan pungli kepada warganya.Itupun jika terbukti bila Lurah Belawan l melakukan pungli. ***

Foto ketua Karang Taruna dan kantor Lurah Belawan l. (*)