Minggu, 8 December 2019

Menyamar sebagai Pembeli,

Unit Jatanras Polres Asahan Tangkap Pelaku Curanmor


#jaka, asahan

Unit Jatanras Polres Asahan berhasil mengungkap peristiwa pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) atas nama RR alias Degol (18) warga Desa Binjai Serbangan Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan.

Degol ditangkap Unit Jatanras Polres Asahan di bilangan SPBU Air Joman Hari Minggu 24 November 2019 setelah polisi menyamar sebagai pembeli.

Demikian kata Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. saat Rilis Pers, Jumat petang (29/11/2019) di Mapolres Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

Kapolres didampingi Kasat Reskrim AKP Ricky Pripurna Atmaja, S.I.K. dan Kanit Jatanras Iptu Mulyoto, S.H. memaparkan kronologis penangkapan bermula dari laporan polisi nomor : LP/700/XI/2019/SU/Res Ash.tanggal 25 November 2019 yang melaporkan bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curanmor) terhadap korban Surya Darmawan.

Sebelumnya, korban Surya Darmawan bersama rekannya (saksi) hendak menonton hiburan keyboard di Desa Jati Sari Kecamatan Pulo Bandring. Mereka pergi menggunakan sepeda motor Yamaha Yupiter Z dengan Nopol BK 3159 OG. Setibanya di lokasi mereka memarkirkan sepeda motornya di bawah pohon mangga milik warga dan selanjutnya mereka pergi menonton keyboard.

Usai nonton keyboard, mereka menghampiri sepeda motornya yang diparkir sudah tidak ada ditempat. Mereka berusaha mencari di kisaran lokasi namun tidak menemukannya.

Berselang empat hari kemudian, korban melihat sepeda motornya diposting pelaku di media sosial melalui akun OLX untuk dijual.

Korban langsung memberi tahu Polisi. Polisi yang telah mendapat laporan langsung melakukan penyelidikan dengan berkoordinasi bersama korban.

Unit Jatanras Polres Asahan dipimpin Kanit Iptu Muyoto, S.H. langsung bergerak melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai pembeli dan menghubungi pelaku untuk bertemu di bilangan SPBU Air Joman pukul 01.30 WIB.

Sekira pukul 01.00 WIB, Tim mencurigai seorang laki-laki diduga pelaku bertemu di SPBU Air Joman langsung mengamankan laki-laki bernama RR Alias Degol.

Setelah diinterogasi Degol mengakui perbuatannya sebagai pelaku pencurian sepeda motor milik Surya Dermawan (korban) bersama temannya (DPO) di Desa Taman Sari Kecamatan Pulo Bandring.

Degol langsung dibawa ke Mapolres Asahan beserta barang bukti berupa Sepeda Motor Yamaha Yupiter Z BK 3159 OG dan kunci sepeda kontak sepeda motor warna kuning.

"Saat ini pelaku sudah menjadi tersangka dengan ancaman pasal 363 ayat (1) ke-4 dan 5 KUHPidana dengan hukuman penjara selama 7 tahun," ujar Kapolres. ***